Yogyakarta Siap Gelar Festival Ramayana Tingkat Nasional

Yogyakarta Siap Gelar Festival Ramayana Tingkat Nasional

Festival Ramayana Tingkat Nasional akan kembali digelar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bekerjasama dengan PT (Persero) TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko, menyelenggarakan Festival Ramayana tingkat nasional 2012 pada 11 hingga 16 Oktober 2012. Festival Ramayana tingkat nasional ini akan digelar di panggung terbuka Ramayana, Candi Prambanan, UNESCO word culture heritage Yogyakarta.

Sebanyak delapan provinsi ikut serta dalam festival ini, yaitu Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Kalimantan Selatan. Masing-masing propinsi akan menampilkan Sendratari Ramayana sesuai dengan gaya dan corak  masing-masing propinsi.

Dalam festival ini akan digelar berbagai kegiatan antara lain pagelaran sendratari Ramayana dari delapan propinsi, pameran foto Ramayana Nusantara dan lokakarya Ramayana. Kegiatan lainnya adalah  lomba foto mengenai Ramayana  baik dari  segi seni pertunjukkan maupun inetraksi sosial di masyarakat. Sementara pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2012 pukul 14.30 di panggung Trimurti Ramayana Ballet Prambanan  adalah  seminar dengan mengusung tema “ Epos Ramayana : Kontinuitas dan perubahan dalam seni pertunjukkan” dengan para pembicara sebagai berikut : Prof Dr.Timbul Haryono,M.Sc. Prof.Dr.Sri Hastanto, S.Kar.,Retno maruti, Putu Fajar Arcana, Rektor ISI Yogyakarta, Rektor ISI Surakarta.

Dengan dilaksanakannya Festival Ramayana 2012 ini diharapkan agar Sendratari Ramayana yang sudah dikenal oleh masyarakat  di Indonesia ini keberadaannya akan mampu dikemas menjadi salah satu komoditas seni pertunjukkan yang dapat mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Sedangkan dari sisi keilmuan Festival Ramayana ini  diharapkan dapat menghasilkan  sebuah pemikiran untuk dapat digunakan sebagai alat pendidikan bagi generasi muda khususnya dalam rangka pelestarian serta pemupukan rasa cinta terhadap budaya bangsa Indonesia.

Rencananya pada saat penutupan Festival Ramayana nanti, akan digelar Ramayana
Prambanan Kolosal [250 Penari Ramayana] dengan episode cerita “Api
Suci” akan di catat sebagai Rekor Dunia GUINNESS WORLD RECORDS

 

Teks&foto: berbagai sumber

Penulis: Nurakhmayani