Wisata Budaya Situs Gajah Indra, Kabupaten Batang

Wisata Budaya Situs Gajah Indra, Kabupaten Batang

Peradaban kuno yang masihlah popular serta masihlah hangat-hangatnya jadi bahan perbincangan di Kecamatan Wonotunggal ini yaitu cagar budaya purbakala yang ada di Desa Silurah yang berbentuk komplek arca Ganesha. Terkecuali di Silurah, di Desa Brokoh juga ada website Peradaban kuno yang berbentuk Batu Gajah/Gajah Indra yang tepatnya ada di dukuh Kupang + 1km dari pusat pemerintahan Desa Brokoh.

Batu Gajah atau patung Gajah Indra adalah peninggalan purbakala yang ada di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal yang tepatnya + 200 m di tepian aliran sungai kupang itu memiliki ukuran 90 x 60 cm serta ketebalan 30 cm. Pada satu sisinya ada relief m2aanusia berjongkok di bawah tubuh gajah yang berdiri, disisi yang lain ada relief anak kecil serta tangan orang dewasa seakan meletakan anaknya dipunggung gajah, tetapi yang pantas disayangkan bentuk arca itu telah tak komplit lagi lantaran sisi belailainya sudah patah dirusak oleh orang tak bertanggungjawab.

Orang-orang sekitaran meyakini kalau peninggalan ini adalah patung langka. Didunia cuma ada dua buah, satu diantaranya ada di India. Di website itu juga ada juga arca lainya yang banyak tercecer di areal persawahan masyarakat tetapi yang telah jadikan 1 tempat cuma ada 3 jenis arca Gajah Indra serta yang dua lainya oleh warga arca-arca itu ada yang dimaksud Batu Ronggeng lantaran memanglah mirip Ronggeng (Penari Jawa) tetapi keadaannya telah tak utuh lagi lantaran sisi kepalanya telah tak ada serta yang satu lagi dimaksud batu lumpang (tempat menumbuk padi tradisonal) tetapi sekilas bila dilihat juga mirip piramida kecil.2b

Akses jalan yang ada menuju website itu dari jalan desa menuju tempat + 300 m belum permanen memerlukan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Batang terutama Dinas Pariwisata supaya kedepan diinginkan bakal jadi satu diantara tempat maksud wisata website purbakala di Kabupaten Batang serta bahan riset.

wisata-tanahair.com/batangblog.blogspot.co.id