Ultah Kota Bogor, Museum Dibuka Gratis

Ultah Kota Bogor, Museum Dibuka Gratis

Dalam rangka Hari Jadi Bogor (HJB) ke 525, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor tidak hanya membuka istana, tetapi juga museum-museum bersejarah, gratis bagi seluruh wisatawan.

“Nanti museum-museum ini dibuka serentak dengan Istana Bogor. Semoga wisatawan bisa datang berkeliling museum-museum Bogor,” ujar Susilowati, Kabid Pariwisata Disbudpar Kota Bogor, saat dihubungi KompasTravel, Rabu (19/7/2017).

Wisatawan dari Bogor maupun yang datang ke Bogor bisa berkeliling museum secara cuma-cuma mulai tanggal 24-28 Juli 2017. Mulai pukul 08.00 jam operasional museum selesai, rata-rata pukul 17.00 WIB.

Meskipun satu rangkaian acara kegiatan HJB, wisatawan yang ingin mengunjungi museum-museum, tidak perlu mengambil tiket di Balai Kota, seperti kegiatan Istana Untuk Rakyat. Anda bisa datang langsung ke museumnya.

Beberapa museum yang dibuka gratis ialah:

1. Museum Sejarah Alam Indonesia (Munasein)

Museum ini merupakan perkembangan dari Etnobotani ini baru diresmikan Agustus 2016. Berlokasi di Jalan Juanda no 22-24, Bogor.

Di dalam museum modern ini Anda bisa melihat kerja sama manusia dengan alam yang sudah terjalin sejak dulu. Seperti penggunaan tanaman-tanaman untuk peranan kehidupan suku-suku bangsa di Indonesia terdahulu.

2. Museum PETA (Pembela Tanah Air)

Museum ini begitu mengobarkan semangat bela negara. Selain karena lokasinya yang berada di kawasan militer Pusat Pendidikan Zeni, juga aneka koleksinya.

Sesuai namanya, museum ini menceritakan pembentukan PETA, sampai mereka mencapai kemerdekaan Indonesia. Museum ini memiliki koleksi senjata tentara PETA yang amat banyak. Di zaman penjajahan memang tempat ini jadi pusat pendidikan PETA.

3. Museum Perjuangan

Berlokasi di Jalan Merdeka nomor 56, terlihat bangunan dua lantai dengan relief-relief perjuangan di dinding depannya.

Di museum ini terpajang saksi bisu perjuangan laskar rakyat Bogor memperjuangkan kemerdekaan. Beragam senjata asli, rakitan, hingga rampasan perang dari Jepang-Inggris-Belanda ada di sini.

Selain itu juga lengkap dengan diorama perjuangan, dan koleksi pakaian pejuang yang sebagian diantaranya memiliki noda darah asli.

4. Museum Kepresidenan Balai Kirti

Museum ini sangat modern, dengan fasilitasnya yang canggih dibanding museum lainnya. Terdapat ruangan-ruangan yang mengisahkan perjalanan presiden-presiden Republik Indonesia hingga saat ini.

5. Museum Zoologi

Anda bsia melihat dan mempelajari koleksi flora dan fauna purba yang amat lengkap di sini. Binatang darat, udara, bahkan binatang laut terbesar salah satu rangkanya ada di sini.

travel.kompas.com/Image tempat.co.id