Tiga Kepala Daerah di Maluku Utara Sepakat Untuk Menjalin Kerjasama

Tiga Kepala Daerah di Maluku Utara Sepakat Untuk Menjalin Kerjasama

Tiga kepala daerah di Maluku Utara (Malut) sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang pertanian, pariwisata dan perikanan yang disebut “Segi Tiga Emas”.

Nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understading (MoU) akan ditandatangani hari Minggu, 20 Nopember 2016 saat pencanangan serangkaian ulang tahun ke 766 Kota Ternate. Peringatan Hari Ulang tahun kota Ternate sendiri pada tanggal 29 Desember.

“Tiga daerah tersebut yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat,” kata Asisten Administrasi Pembangunan Pemerintah Kota Ternate, Arifin Umasangaji ditemui di Benteng Oranye, di Kota Ternate, Sabtu (19/11/2016) petang.

Penandatanganan MoU, kata Arifin, dilakukan Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman bersama Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dan Bupati Halmahera Barat, Danny Missy. Rencananya, kerja sama itu juga akan mencakup bidang-bidang lainnya.

“Langkah awal, saat panen raya kol di Halmahera Barat dipasok ke Ternate. Dan hasilnya lebih bagus dari daerah luar seperti dari Makassar maupun Surabaya,” ujar Arifin.

Tema hari jadi 766 tahun kota Ternate adalah bagaimana merayakan hari jadi dengan menghargai masa lalu untuk membangun Ternate mendunia.

“Sedikitnya ada 17 kegiatan yang akan dilakukan dalam rangkaian hari jadi kota Ternate,” kata Ketua Panitya  Nuryadin Rahman.

Grup Band Noah dipastikan akan turut meramaikan pesta rakyat di puncak perayaan Hari Jadi Ternate (HJT) yang ke-766 tahun 2016 ini. Grup Band yang dinakhodai vokalis Ariel akan menghibur warga Ternate pada 20 Desember 2016.

Kota Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama pada sebuah Pulau Ternate di Propinsi Maluku Utara, Indonesia.

Ternate menjadi satu kota otonom sejak 4 Agustus 2010, dan menjadi Ibukota sementara Propinsi Maluku Utara sampai Sofifi yang menjadi ibukotanya di Pulau Halmahera, pulau terbesarnya siap secara infrastruktur.

“Pemerintah Kota Ternate terus mendorong percepatan pengakuan dunia terhadap kota ini sebagai salah satu Kota Pusaka Dunia di Indonesia, selain yang sudah diakui UNESCO diantaranya Borobudur, Situs Manusia Purba Sangiran, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Lauren, Hutan Tropik Sumatera,” kata Direktur Eksekutif Jaringan Pusaka Kota Indonesia, Asfarinal.

rri.co.id