Ternate Menuju Kota Pusaka Warisan Dunia

Ternate Menuju Kota Pusaka Warisan Dunia

Panitia Hari Jadi Ternate ke-764 akan melaksanakan sejumlah kegiatan yang berorientasi pada pengembangan dan promosi wisata sesuai dengan tema sentral perayaan pada tahun 2014.

Ketua Panitia Hari Jadi Ternate (HJT) Juhdi Taslim, Rabu (15/10/2014) mengatakan bahwa perayaan pada tahun ini bertemakan “Ternate Menuju Kota Pusaka Warisan Dunia.” Tema ini mengandung filosofi promosi kebudayaan dan potensi wisata. “Melalui tema ini Ternate dengan berbagai situsnya yang bersejarah akan terus dikembangkan dan dipromosikan ke mancanegara untuk dijadikan destinasi pariwisata dunia,” katanya.

Menurut Juhdi, pelaksanaan perayaan pada tahun ini memiliki makna tersendiri karena sebagai salah satu anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Ternate akan mempromosikan potensi wisata dan kebudayaan agar para wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke Ternate.

Juhdi yang juga Asisten III Pemkot Ternate, menambahkan, panitia HJT saat ini sedang memfokuskan peluncuran HJT yang dirangkaikan dengan perayaan Hari Tata Ruang Nasional yang dipusatkan di Ternate.

Hari Tata Ruang Nasional Kementerian PU direncanakan dipusatkan di Ternate dan kegiatan ini akan dirangkaikan dengan peluncuran HJT 2014. Panitia HJT telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PU untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang bermuara pada promosi wisata.

Dia berharap, masyarakat Kota Ternate untuk berpartisipasi pada setiap item kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HJT, sebab inti dari kegiatan itu adalah meningkatkan partisipasi masyarakat.

Sumber : travel.kompas.com