Tata Kawasan Kota Pusaka Semakin Tambah Daya Tarik Singkawang

SINGKAWANG – Pemerintahan Kota Singkawang terus berupaya menghiasi Kota Pusaka yang dibangun di beberapa ruas jalan pusat Kota Singkawang.

Hal tersebut dilakukan bertujuan agar Kota Singkawang terlihat lebih indah serta menarik sebagai kota pariwisata yang banyak di kunjungi oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Singkawang, Agus Prayitno menjelaskan, dilaksanakannya penataan Kawasan Kota Pusaka karena didalamnya terdapat bangunan cagar budaya, dimana untuk Kota Singkawang diketahui terdapat berberapa kawasan dan bangunan cagar budaya.

“Untuk pelestarian kawasan cagar budaya, kita memiliki ketentuan sesuai dengan keahlian yang membidangi kebudayaan.

Adapun tujuan penataan gerbang Pasar Hongkong, adalah untuk mempercantik kawasan Cagar Budaya yang masuk dalam program penataan kawasan Kota Pusaka,” ungkap Agus Prayitno kepada awak media.

Ia menyebutkan, pemasangan gerbang Pasar Hongkong yang berada di Jalan Budi Utomo merupakan program Pemerintah Pusat, yang ornamennya disesuaikan dengan kondisi di Kota Singkawang yang dananya berasal dari APBN.

Dengan ditatanya kawasan cagar budaya Pasar Hongkong, diharapkan Singkawang akan banyak dikunjungi wisatawan, dan hal ini tentunya akan membawakan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Menurut Agus, dampak tersebut diantaranya meningkatnya orang yang akan menginap di Singkawang, serta kuliner dan produk lainnya di Kota Singkawang.

Program penataan kawasan Kota Pusaka ini diarahkan untuk merapikan dan memperindah secara fisik wilayah yang masuk dalam penataan kota pusaka.

Sejalan dengan pemasangan gerbang Pasar Hongkong, teras-teras ruko pun di hiasi dengan keramik baru agar terlihat menarik, karena rata-rata ruko di area ini adalah bangunan yang sudah tua.

Sebelum itu pun designnya sudah disosialisasikan kepada warga terutama mereka yang berdomisili di Jalan Diponegoro, Jalan Setia Budi dan Budi Utomo.

Hal terpenting, menurut Agus Prayitno adalah adanya kepedulian masyarakat terhadap kemajuan Kota Singkawang, yang nantinya diharapkan akan dapat lebih banyak mendatangkan wisatawan dari luar dan dalam negeri, yang tentunya akan membantu perekonomian masyarakat dengan kehadiran para wisatawan tersebut.

Dewan Nilai Tambah Daya Tarik

Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto menerangkan pembangunan gerbang pasar Hongkong menambah keindahan Kota Singkawang serta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Harus kita akui, dengan adanya gerbang tersebut semakin menambah keindahan kota singkawang sebagai kota wisata,” ujar Sumberanto.

Dirihya berharap lebih banyak gerbang yang dibangun, khususnya di lima Kecamatan, agar singkawang terlihat lebih indah.

Tentunya, kata Sumber, dalam membangun gerbang juga memperhatikan sosiologis masyarakat, supaya ada rasa kebanggaan yang dinikmati.

Sehingga tidak sembarangan dalam pembangunannya.

“Beberapa teman yang datang kesingkawang, mereka memuji Singkawang, karena dalam pandangan mereka singkawang adalah sebuah kota yang tertib, toleran, ramah dan masyarakatnya bersatu, tanpa memandang etnisitas.

Saya pikir ini juga menjadi sebuah kebanggaan kita sebagai warga singkawang,” ungkapnya.

Selain itu, pembangunan gerbang pasar hongkong yang sudah dibangun, memang terjadi dinamika berberapa waktu lalu.

Pihaknya juga sudah meminta keterangan dari pihak pemerintah yang sempat menjadi polemik, tapi dari pihak pemerintah sudah melakukan Konsultasi dan koordinasi dengan pihak propinsi dan diizinkan.

tribunnews.com