Tarian Gala Ternate, Pukau Penonton Pameran JKPI Di Bali

Tarian Gala Ternate, Pukau Penonton Pameran JKPI Di Bali

BALI, OT – Tarian tradisional Gala, khas Ternate yang dibawakan tim kesenian Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate Maluku Utara, memukau ratusan pengunjung pameran dan pagelaran budaya dalam ajang Rakernas dan Pameran JKPI ke-VI tahun 2017 di lapangan Astina Kabupaten Gianyar Bali, Senin (17/4/2017) malam.

Kepala Dinas Pariwisata kota Ternate, Samin Marsaoly, disela-sela kegiatan pagelaran budaya, di lapangan Astina, menyatakan,
tarian Gala merupakan salah satu tarian khas Ternate dan sering ditampilkan pada acara atau hajatan saat penyambutan tamu maupun acara pagelaran budaya.

“Tari tradisional Gala merupakan salah satu tarian yang cukup populer di kota Ternate. Tarian ini adalah tarian yang bernuansa tradisional dan sangat populer di kalangan muda mudi dengan iringan musik yang energik,” kata Samin.

Tarian ini, adalah salah satu tarian daerah yang merupakan tarian pergaulan muda-mudi yang ditarikan dengan gerakan yang energik dan tegas serta dipadukan dengan alat musik tifa, saragi atau gong serta seruling, sehingga melahirkan bunyi yang bernuansa melayu.

Dia berharap, dengan apiknya penampilan tarian Gala, oleh tim kesenian Dinas Pariwisata kota Ternate, dibawah asuhan ibu Titi Samin, dalam ajang pameran dan pagelaran budaya JKPI, akan berimbas kepada ketertarikan pengunjung terhadap Kota Ternate, sehingga memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan daerah.

Selain tarian Gala, kota Ternate juga mempromosikan objek-objek wisata baik wisata alam maupun wisata sejarah, dimana pada pameran yang dilangsungkan sejak tanggal 15 April lalu, stand Pemkot Ternate selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Bali maupun turis mancanegara yang berada di kabupaten Gianyar.

Dalam ajang pameran, selain stand Dinas Pariwisata, Pemkot Ternate melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), juga mempromosikan produk ekonomi kreatif dan produk khas Ternate, seperti sirup pala, manisan pala, berbagai kerajinan tangan dan produk lokal dari UMKM.

Kepala Disperindag kota Ternate, Nuryadin Rachman mengatakan, keikutsertaan Disperindag kota Ternate, dalam ajang pameran UMKM jKPI tahun ini, selain memperkenalkan produk asli Ternate,kegiatan ini juga dijadikan ajang promosi produk lokal kepada masyarakat Bali dan pengunjung pameran.

“Kami juga memperkenalkan kuliner oleh-oleh khas Ternate yaitu manisan pala, syirup pala dan berbagai kerajinan tangan dari pelaku usaha di Ternate,” pungkas Nuryadin kepada wartawan.

indotimur.com