Soto Kebo, Kuliner Kab. Batang Yang Unik

Soto Kebo, Kuliner Kab. Batang Yang Unik

Kabupaten Batang memiliki wilayah yang kaya akan sumber daya alam, hutan dan laut, sehingga sangat strategis untuk dikembangkan sebagai daerah wisata. Tak hanya keindahan wisata di Batang yang akan memukau, melainkan wisata kulinernya. Salah satunya adalah kuliner Batang yang menggoda selera berikut ini. Namanya Soto Kebo.

Di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ada sebuah makanan jenis Soto yang ditanggung akan sangat mengenyangkan perut, namanya Soto Kebo. Kebo dalam bahasa Jawa adalah Kerbau. Nah, dari sinilah nama itu berasal.

Salah satu Soto Kebo  yang dijual  tepatnya di Jalan Ahmad Yani no 37 Kauman Kabupaten Batang. Soto Kebo ini unik dan terasa spesial karena selain dalam porsi besar, bumbunya yang mirip kuah Tauto Pekalongan terasa lebih menyengat aroma rempah dan rasa daging kerbaunya yang disayat kota, akan menebarkan bau khas yang sedap dan merangsang nafsu makan.

Menurut salah seorang penjual Soto Kebo di Batang,  dirinya sudah puluhan tahun menjual Soto Kebo, penikmatnya tak hanya dari Batang, Pekalongan , dan Pemalang namun juga dari Brebes bahkan Jawa Barat. Kebanyakan para pelanggan suka dengan bumbu rempah dan irisan daging Kerbau yang empuk dan harum, tidak ada bumbu rahasia dalam sotonya, hanya memang ada sedikit tambahan resep yang mirip Tauto yang asalnya dari daerah sebelah barat.

Soto Kebo ini nampaknya merupakan salah satu aset kuliner unik yang dimiliki Kabupaten Batang selain Lontong Lemprak Alun Alun dan Nasi Megono. Setiap kali ke Batang, para wisatawan selalu menyempatkan diri menikmati Soto Kebo di warung Soto Kebo di Kabupaten Batang ini. Rasanya mantap tiada tandingan, sehabis makan pasti keringat keluar hingga badan terasa segar.

Bila sobat traveler tengah mengunjungi Batang, Jawa Tengah, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Batang ini. Atau, bila sedang menyusun destinasi untuk mengunjungi Batang, jangan lupa untuk mampir dan menikmati sajian kuliner menggugah selera yang unik dan tak akan di temui di kabupaten lain di Indonesia.

 

Soto Kebo Pak Aziz:  Jalan Ahmad Yani no 37 Kauman Kabupaten Batang

Sumbar : aryowidiyanto.blogspot.com