Seniman India dan Bali Kolaborasi Pulihkan Pariwisata

Seniman India dan Bali Kolaborasi Pulihkan Pariwisata

Denpasar – Sejumlah seniman yang datang langsung dari India akan tampil berkolaborasi dengan para seniman Bali, sebagai salah satu upaya untuk memulihkan kepariwisataan daerah itu yang sempat terpuruk karena imbas erupsi Gunung Agung.

“Penampilan seniman India di Bali tersebut tidak hanya akan mempererat hubungan dalam bidang seni dan budaya, namun juga sebagai salah satu bukti bahwa Bali aman untuk dikunjungi wisatawan,” kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima audiensi jajaran India Association Bali, di Denpasar, Kamis.

Dengan upaya itu, Pastika meyakini wisatawan luar negeri khususnya India tidak ragu lagi untuk datang dan berwisata ke Bali.

“Saya mendukung terlaksananya kegiatan ini yang merupakan ajang promosi pariwisata bagi Bali. Di samping dapat mempererat hubungan budaya dan seni yang telah ada,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris India Association Bali (IAB) Sonia Kaur mengatakan pada 27 Januari mendatang sekitar 60 penari India akan menampilkan kebolehannya di Bali dan penampilan kolaborasi dengan para seniman Bali.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Paiketan Krama Bali tersebut rencananya akan dilaksanakan di Ksirarnawa Taman Budaya, Denpasar dan dihadiri sekitar 400 orang.

Sonia Kaur menambahkan, selain melakukan pentas budaya, para seniman tersebut direncanakan tinggal di Bali selama lima hari dan akan menghabiskan waktu berlibur mereka di Pulau Dewata.

Dalam kesempatan tersebut, AIB juga secara khusus mengundang Gubernur Bali untuk hadir dan sekaligus memberikan sambutan. Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, Kepala Biro Humas Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Mahendra Putra dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra.

antaranews.com/Image kemlu.go.id