Seminar Kemitraan Dalam Pengelolaan Kota Pusaka

Seminar Kemitraan Dalam Pengelolaan Kota Pusaka

Bertempat di Aula Bank Indonesia, Sabtu (16/05/2015), Seminar Kemitraan Dalam Pengelolaan Kota Pusaka dibuka oleh Menteri Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat RI Bapak Dr. Ir. Andreas Suhono. Tari Golek Sri Rejeki membuka seminar kali ini.

Dalam Seminar ini turut hadir pula Ketua JKPI, Ketua BPPI, Walikota Bogor, Wakil Bupati Banyumas, Perwakilan dari Yayasan Warna-Warni, Perwakilan dari UNS,dan Perwakilan dari Bank Indonesia.

 Seminar Kemitraan Dalam Pengelolaan Kota Pusaka adalah salah satu rangkaian kegiatan Jelajah Kota Pusaka yang berlangsung tanggal 15-17 Mei 2015.

Pada tanggal 25 Oktober 2008, Kota Surakarta menjadi saksi lahirmya Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Adapun tujuan didirikannya JKPI adalah :

1.Mengembangkan kerjasama diantara kota-kota yang mempunyai pusaka alam dan pusaka ‘ budaya

2.Mengembangkan kerjasama untuk melestarikan pusaka bersama para pemangku kepentingan

3.Mendorong peran aktif masayarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangan yang positif dalam kehidupan bermasyarakat

4.Menginventarisasi kekayaan warisan pusaka dari anggota JKPI

5.Mengembangkan pemahanam keberagaman alam dan budaya untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

6.Sebagai wadah promosi pusaka

Dalam kesempatan kali ini Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo juga memaparkan paparan dengan tema “ Membangun Visi Menjawab Tantangan Pelestarian Kota Pusaka”.

Sumber : surakarta.go.id

Image : idtempatwisata.com