Sawahlunto Kembali Gelar Sawahlunto Kreatif di Jakarta

Pemerintah Kota Sawahlunto kembali menggelar Sawahlunto Kreatif di ibukota negara, Jakarta. Tema yang diusung-pun sangat menarik dengan mengedepankan warisan budaya yang sudah melekat di masyarakat Kota Arang ini, yaitu Songket Silungkang.

Berbeda degan Sawahlunto Kreatif yang digelar pada Oktober 2012 yang memusatkan acara di Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, untuk Sawahlunto Kreatif kali ini diselenggarakan ditempat yang tepat untuk songket, yaitu di Museum Tekstil, tanah Abang, Jakarta. Acara dengan konsep pameran ini berlansung pada tanggal 17 s/d 26 April 2013.

Walikota Sawahlunto, Ir. Amran Nur, dalam undangannya mengatakan bahwa untuk mengembalikan kejayaan Songket Silungkang menjadi sebuah kekuatan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Kota Sawahlunto telah melakukan sebuah upaya restorasi dengan memulihkan, melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan Songket Silungkang sebagai sebuah produk budaya yang bernilai tinggi dan bagian dari kegiatan pariwisata
yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dalam upaya mempromosikan Songket tersebut Pemerintah Kota Sawahlunto melaksanakan sebuah event Pameran dengan tema “Sawahlunto Kreatif : Pameran Tenun Silungkang Warisan Budaya Kota Tua Sawahlunto”.

Disamping itu, Amran Nur juga mengatakan pameran tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman betapa besar dan tingginya budaya masyarakat Sawahlunto dalam hal berkreasi. Dan itu dibuktikan dengan hasil karya berupa Songket Silungkang. Dimana songket tersebut sudah melekat didalam tatanan masyarakat Sawahlunto, khususnya kaum perempuan.

Dalam pameran tersebut akan disajikan sejarah perkembangan budaya Songket Silungkang sejak ratusan tahun lalu, serta ragam motif yang berkembang dari zaman ke zaman. Tidak hanya itu, pameran juga menceritakan makna dari motif yang ada di dalam songket, sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi pengunjung yang melihat pameran.

Acara pemeran Songket Silungkang ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Sawahlunto dengan Museum Tekstil. Sedangkan acara pembukaan berlangsung pada tanggal 17 April 2013 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta, dimulai pukul 10.00 WIB.
(Adrial)