Pesta Teluk Ambon Resmi Dibuka

Pesta Teluk Ambon Resmi Dibuka

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar hari ini, Kamis 27 September secara resmi membuka Pesta Teluk Ambon 2012 di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku. Dalam pembukaan tersebut, hadir pula Gubernur Maluku Karel Albert Rahalalu, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Benny Gaspers.
Dalam sambutannya, Sapta Nirwandar menjelaskan  Ambon sangat berpotensi menjadi wisata alam karena keindahan alam yang dimilikinya. “Dari budaya, kuliner, dan bahari, semua luar biasa di Kota ini. Jadi kita akan dukung agar pesta ini dijadikan kalender Nasional maupun Internasional,” kata Sapta.

Sementara Gubernur Maluku Karel Ralahallu mengatakan, kehadiran Departemen pada Pesta Teluk memberikan sinyal kuat bahwa Maluku layak dinikmati karena memiliki keindahan alam yang eksotik. “Bagi saya agenda pesta telukbernilai tinggi karena berdampak muliefek, sebagai momentum strategis tidak saja untuk peningkatan ekonomi masyarakat yang harus digairahkan dengan kegiatan yang bermanfaat dalam mewujudkan partisipasi pembangunan,” kata Karel.

Acara pembukaan Pesta Teluk Ambon diiringi dengan Tari Tifa Mungare, sebuah tarian masyarakat Maluku Tenggara, yang dibawakan sembilan penari dari Sanggar Tifa Siwalima, Tarian Tifa Mungare menggambarkan nafas kedaerahan para pemuda Maluku dengan semangat tradisional dan budaya setempat. Dalam tarian itu, para penari diiringi irama ketukan tifa yang merupakan alat musik tradisional Maluku.

Sebanyak 890 pelajar dari berbagai sekolah di Maluku siap mengikuti dan menyukseskan Pesta Teluk Ambon Tahun 2012 yang berlangsung hingga 29 September mendatang. Para pelajar tersebut akan mengikuti berbagai perlombaan, yaitu Arumbae Manggurebe, Mancing Tradisional, Renang Estafet, Perahu Semang Wanita, Foto Bawah Laut dan Hawaiand Band. Arumbae Manggurebe merupakan lomba perahu antar desa yang diikuti oleh 28 hingga 31 pendayung dimulai dari Desa Amahusu hingga ke Pasar Oleh-oleh Tantui.

Para wanita juga akan ikut memeriahkan acara dengan mengikuti lomba Perahu Semang yang akan diikuti dua orang. Sementara, untuk pecinta dunia bawah air, juga akan diadakan lomba foto bawah laut yang dapat diikuti oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan demikian diharapkan Pesta Teluk Ambon tidak hanya menarik bagi wisatawan domestic saja, tetapi juga wisatawan mancanegara.

 

Teks&Foto: berbagai sumber

Penulis: Nurakhmayani