Pesta Lampion Bakal Meriahkan Kongres JKPI

Pesta Lampion Bakal Meriahkan Kongres JKPI

Pemkot Baubau memastikan pelaksanaan kegiatan Kongres Nasional III Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang akan dipusatkan di Baubau akan berlangsung meriah. Segala persiapan telah dimatangkan untuk menyukseskan pelaksanaan even nasional yang akan digelar 25 hingga 28 Mei mendatang.

Kepala Badan Kominfo Arsip dan PDE Kota Baubau, Drs Sadarman MSi menjelaskan dari data panitia sudah ada 27 daerah yang mengkonfirmasikan kesiapannya untuk hadir dalam even tersebut. Rencana kegiatan tersebut juga akan dihadiri tiga menteri kabinet kerja masing-masing menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Seluruh persiapan kita anggap sudah final, kemarin kita gelar rapat pematangan untuk menyukseskan kegiatan. Informasinya Direktur Eksekutif JKPI, Asfarinal, Antropolog dari Universitas Indonesia Tony Rusdiansyah dan pengamat budaya juga diperkirakan akan hadir,” tukasnya.

Dikatakan kegiatan kongres JKPI akan dipusatkan dibeberapa titik, diantaranya kawasan Benteng Keraton Buton. Di lokasi tersebut akan dilangsungkan berbagai atraksi dan ritual budaya yang menjadi peninggalan masa lampau. Misalnya pagelaran tarian sebagai suguhan tamu kehormatan, pekande-kandea (ritual makan bersama) dan kegiatan karnaval budaya dan pawai obor yang mengintari benteng keraton buton.

Dimalam pelaksanaan karnaval yang bertepatan dengan pembukaan kongres JKPI  akan dimeriahkan dengan pelepasan lampion yang digelar diatas Benteng Keraton. Perayaan tersebut juga dimeriahkan dengan pemutaran film layar tancap yang berjudul bentang film benteng yang akan ditayangkan setiap malam sejak hari pembukaan.

Lokasi kedua yang juga menjadi salah satu titik pusat kegiatan JKPI di Baubau yakni kawasan pelataran Kotamara. Dilokasi tersebut rencananya akan digelar pentas seni dan ekspo benda pusaka yang diikuti seluruh peserta JKPI. “Kawasan Kotamara juga akan menjadi lokasi penyambutan atau malam welcome dinner menjamu tamu undangan maupun peserta JKPI yang datang dari berbagai daerah,” paparnya.

Tidak kalah penting dalam rangkaian Kongres III JKPI akan dilangsungkan pertemuan Word Culture Forum (WCF) yang merupakan forum budaya dunia. Kegiatan tersebut rencananya akan dipusatkan disalah satu hotel di Kota Baubau dengan agendanya mendiskusikan mengenai kebudayaan dunia.

Pemkot Baubau menilai even tersebut menjadi ajang bagi daerah untuk terus memperkenalkan peninggalan kebudayaan daerah ditingkat nasional maupun internasional. Sebagai multi efek hajatan tersebut memiliki dampak positif yang langsung dirasakan masyarakat utamanya dari sisi ekonomi.

Sumber : kendaripos.co.id

Image : picturerumahminimalis.com