Pemkab Buleleng Bangkitkan UKM Industri Kreatif-Seni

Pemkab Buleleng Bangkitkan UKM Industri Kreatif-Seni

Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali, membangkitkan kesenian dan industri kreatif lewat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk melestarikan kesenian, khususnya untuk alangan remaja.

“Kegiatan Pekan Apresiasi Seni dan Pameran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini juga sebagai upaya dari Pemkab Buleleng membangkitkan, mengembangkan dan memberikan ruang kepada para pelaku industri kreatif untuk memamerkan hasil produksinya,” kata Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG di Singaraja, Minggu.

Selain itu, hiburan rakyat dan pameran UKM yang diselenggarakan itu merupakan serangkaian kegiatan dengan HUT Ke-414 Tahun 2018 Kota Singaraja di Lapangan Bhuana Patra, pada tanggal (24/3).

Sutjidra mengatakan berbagai kesenian dan pameran hasil dari UKM, baik pangan maupun non-pangan dihadirkan pada kegiatan ini, sedangkan kesenian yang ditampilkan terdiri dari kesenian daerah dan kesenian nasiona, serta perlombaan hingga 2 April 2018.

“Kita akan menghadirkan berbagai kesenian, perlombaan dan juga pameran hasil produksi industri kreatif yang ada di Kabupaten Buleleng selama sembilan hari sampai tanggal 2 April,” katanya.

Ia menambahkan melalui pameran UKM ini, baik kerajinan dan juga kuliner, pihaknya ingin lebih mengembangkan industri kreatif yang ada di Buleleng. “Namun, industri kreatif di Buleleng masih dalam tahap pengembangan,” katanya.

Industri kreatif di Buleleng itu juga sudah mulai bermunculan dipermukaan dan perkembangannya pun cukup signifikan. Karena itu, melalui acara seperti Pameran UKM ini, industri kreatif di Buleleng diharapkan mampu untuk lebih dikembangkan lagi oleh para pelakunya.

“Dengan begitu, industri kreatif yang ada khususnya diberbagai Desa dapat lebih mampu mengembangkan diri dan memanfaatkan ruang yang telah diberikan oleh Pemkab Bulelenhg,” jelasnya.

Sementara, Ketua Panitia Pekan Apresiasi Seni dan Hiburan Rakyat Kabupaten Buleleng yang juga sebagai Camat Buleleng, Dewa Made Ardika, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada para seniman dalam menghibur masyarakat Buleleng dan pelaku UKM memasarkan hasil produksinya.

“Oleh karena itu, memberikan ruang kepada para seniman dan serta pelaku UKM dalam memasarkan hasil produksinya merupakan tujuan dari kegiatan ini,” kata Ardika.

bali.antaranews.com/Image pekabu.club