Pawai Budaya HUT ke-259 Kota Yogyakarta

Pawai Budaya HUT ke-259 Kota Yogyakarta

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-259 Kota Yogyakarta ditandai dengan digelarnya Pawai Budaya pada Rabu (7/10/2015). Setidaknya ada sekitar 4.000 orang dari berbagai komunitas dan masyarakat yang akan terlibat meramaikan acara pawai budaya ini.

“Ada 4.000 orang yang akan ikut meramaikan pawai budaya HUT ke-259 Kota Yogyakarta,” ujar Yetty Martani, Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta saat dihubungi KompasTravel.

Yetty menuturkan, tema tahun ini adalah Pesta Rakyat. Di mana seluruh masyarakat dilibatkan dalam kegiatan HUT Kota Yogyakarta. Termasuk dalam acara puncak yakni pawai budaya.

Sebanyak 4.000 orang yang ikut meramaikan pawai budaya ini seluruhnya berasal dari beberapa komunitas kesenian masyarakat mulai dari kecamatan sampai tingkat kelurahan. Selain itu juga dari berbagai lembaga yang ada di Yogyakarta. “Semua peserta dari masyarakat. Yang ditampilkan jelas kekhasan yang ada disetiap kecamatan sampai kelurahan,” katanya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk pawai HUT tahun ini juga akan diikuti oleh sister city yakni dari Sawahlunto, Sumatera Barat. “Sawahlunto yang ikut dalam pawai. Surabaya dan Banjarnegara berhalangan,” katanya.

Menurut Yetty, kirab budaya dimulai dari Jalan Jenderal Soedirman melintasi salah satu ikon yakni Tugu Yogyakarta lalu jalan Margo Utomo. Kirab berakhir di bekas Hotel Tugu atau ujung jalan Margo Utomo. Kirab sengaja tidak sampai jalan Malioboro karena sedang ada pengerjaan perbaikan di beberapa tempat termasuk Titik Nol Km.

kompas.com