Patung Merlion Ala Singapura di Kota Madiun

 

Madiun – Kota Madiun kini memiliki patung Merlion seperti di Singapura. Patung tersebut dibangun di kawasan Sumber Wangi, selatan Balaikota Madiun.

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, pembangunan patung tersebut kini hampir final. Progresnya mencapai 90 persen. Saat ini tinggal penyempurnaan dan pembersihan sisa material bangunan.

“Kita rencanakan Desember ini selesai dibangun. Sebenarnya ini tinggal meresmikan saja tapi masih cari hari baik. Kalau nanti langsung kita buka untuk umum, sementara saat ini masih pandemi covid-19 ya malah bahaya. Makanya nanti kita rencanakan peresmiannya sederhana saja lah,” ungkap Maidi usai sidak Selasa (16/11/2020).

Maidi pun mengapresiasi kinerja pelaksana proyek. Apalagi patung yang dibangun itu memiliki kemiripan dengan patung Merlion di negara tetangga, Singapura. Bahkan tingkat kemiripannya nyaris 70-80 persen.

“Kalau dibilang mirip ya mirip dengan aslinya, cuma tempatnya saja yang beda,” katanya.

Tempat itu nantinya bisa dimanfaatkan wisatawan melakukan swa foto. Sedangkan air yang mengalir dari patung itu, nantinya terkoneksi dengan arung jeram di saluran air dibawahnya. Tentu menambah daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung. Sampai saat ini pun pihaknya belum memberikan nama khusus terhadap patung tersebut.

“Nama khususnya belum ya. Mungkin nanti kita sampaikan pas peresmian,” imbuhnya.

Maidi berharap dengan lompatan-lompatan ekonomi yang kini gencar dilakukan pemkot, termasuk diantaranya pahlawan street center (PSC), kedepan mampu menumbuhkan sektor ekonomi. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

“Insya Allah semua orang ingin lah berkunjung ke Madiun. Ini daya tariknya disini,” pungkasnya.

rri.co.id