Pasir Putih Andalan Pantai Lakeba di Baubau

Pasir Putih Andalan Pantai Lakeba di Baubau

ANGIN laut yang berhembus di siang hari terasa sangat lembut menerpa kulit. Hamparan pasir membentang memanjang dengan pohon kelapa berjejer di tepi pantai. Daun pohon kelapa bergerak tak menentu seperti mengikuti irama angin.

Pasir putih yang membentang memanjang ini dinamakan Pantai Lakeba. Pantai yang berada di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ini merupakan salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi bagi warga sekitar.

Seorang pengunjung dari Kota Baubau, Sandi (30), mengatakan, Pantai Lakeba mempunyai pemandangan yang eksotis. Pasirnya yang putih dan memanjang menjadikan pantai ini sering dikunjungi warga untuk refreshing.

“Pantai ini bagus. Pasirnya yang putih menjadi andalan di sini, saat sunset, tempat ini menjadi sangat menarik. Orang yang punya lahan di pinggir pantai ini ada yang dirikan tempat usaha. Karena memang tempatnya di sini bagus pemandangannya,” kata Sandi.

Ya di sekitar Pantai Lakeba ini, terdapat beberapa kafe, restoran hingga rumah penginapan. Menurut Sandi, banyak juga yang datang menginap di tepi pantai pantai hanya untuk menikmati keindahan pantai di malam hari.

“Pantai Lakeba ini, kalau air surut, pantainya jadi luas. Biasanya saya dengan teman-teman bakar api unggun di pantai ini. Apalagi kalau saat bulan purnama, suasana semakin terasa eksotis,” ujarnya.

Seorang warga sekitar, La Mimin (28), mengatakan, Pantai Lakeba tidak hanya dinikmati warga kota Baubau saja, namun juga sering warga dari daerah lain.

Menurut Mimin, banyak yang datang ke pantai tersebut hanya untuk menikmati sunset. “Biasanya kalau hari Sabtu atau Minggu, sudah mulai ramai. Banyak yang datang dengan rombongannya. Tapi ada juga yang datang sore-sore hanya untuk foto-foto saja,” ucap Mimin.

Nah bila Anda ingin menikmati Pantai Lakeba, hanya memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Baubau.

travel.kompas.com/Image tarfantik11.wordpress.com