Menyaji Jejak Sejarah di Benteng A’Famosa

Menyaji Jejak Sejarah di Benteng A’Famosa

Salah satu peninggalan bersejarah di Melaka ialah Benteng A’Famosa yang terjemahannya dalam bahasa Inggris berarti “terkenal”. Benteng ini merupakan peninggalan dimasa silam—tepatnya penjajahan Inggris—yang masih dipertahankan hingga kini. Umurnya sendiri sekitar 500 tahun.

A’Famosa sendiri didirikan pada tahun 1511 oleh Alfonso d’ Albuquerque. Benteng ini sendiri merupakan sebuah gerbang dibelakang kompleks Portugis Porta de Santiago, yang mana dulunya merupakan benteng dengan empat menara utama. Menara tersebut merupakan tempat penyimpanan senjata, ruang kapten dan tempat para perwira. Namun sayang Porta de Santiago ini kekuatannya mulai goyah ketika Belanda menguasai Melaka.

Untuk sampai di benteng ini Anda harus terlebih dahulu menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak sehingga mengharuskan Anda membawa air minum untuk jaga-jaga ketika merasa haus. Ketika memasuki pagar pembatas maka Anda pun akan menemukan  beberapa meriam yang merupakan peninggalan tentara Inggris. Ketika memasuki benteng, maka Anda seolah memasuki gerbang penghubung antara masa silam dengan masa depan seperti lorong waktu. Keberadaan benteng ini sepertinya mampu mengajak Anda untuk bernostalgia dengan masa silam.

Didalam bentengnya ada ruangan yang merupakan tumpukan batu bata merah dengan dominan cat putih yang sudah banyak terkelupas. Anda juga bisa berduduk-duduk sementara sambil menikmati suasana yang ada disekeliling bentengnya. Sebagai penghibur, di luar Benteng A’Famosa ini terdapat sketcher yang menggambarkan keseluruhan Benteng A’Famosa. Satu sketsa rata – rata dijual dengan harga RM 10. Anda bisa membungkus pulang buah tangan yang cukup unik untuk rekan Anda di rumah.

Sumber : malaysia.panduanwisata.com