Menikmati Sotong Bakar, Menikmati Alam Singkawang

Menikmati Sotong Bakar, Menikmati Alam Singkawang

Kota Singkawang, Kalimantan Barat merupakan kota kecil yang menawarkan keindahan alam dan kelezatan kulinernya. Tidak salah kota ini diberi nama Singkawang yang dalam dalam bahasa Hakka berasal dari kata San Keuw Jong, artinya kota di antara gunung dan laut. Hakka adalah salah satu etnis Tionghoa yang menghuni kota tersebut. Di Singkawang, baiknya sempatkan pula singgah di pulau terkecil di dunia, Pulau Simping. Pulau seluas satu hekatare ini tercatat di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Ketika malam tiba, tampak keindahan klenteng Tri Darma dan Mesjid Raya yang merupakan jantung kota Singkawang. Di tempat ini kedai makanan mulai buka pada malah hari. Ada makanan sotong bakar atau cumi kering yang dibuat sederhana. Ini merupakan salah satu makanan khas kota Singkawang. Cara membuatnya,  pertama sotong disobek hingga kecil kemudian dibakar. Harga jual sotong bakar sesuai dengan besarnya sotong yang dipilih, yakni sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Selain itu, ada juga sotong kangkung. Sotong direndam di air gunung selama dua hingga tiga hari untuk menghilangkan lendirnya. Kemudian sotong direbus selama satu menit lalu di potong-potong. Sotong kangkung disajikan dengan bubuk kacang sangrai serta saus dari kanji, gula merah, dan asam Jawa.  Sotong kangkung ini termasuk kuliner legendaris yang sudah digemari sejak 1970-an dan kini dikelola generasi kedua pendirinya.

Teks&Foto: berbagai sumber

Penulis: Nurakhmayani