Kemdikbud menyelenggarakan acara “Malam Anugerah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 2014”

Kemdikbud menyelenggarakan acara “Malam Anugerah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 2014”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan acara “Malam Anugerah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman”, acara yang diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia.  Jum’at  (5/09) acara ini ditujukan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berjasa dalam melestarikan cagar budaya dan pengembangan permuseuman.

Ada tiga katagori penerima Anugerah Pelestarian Cagar Budaya tahun 2014. Diantaranya adalah Juru Pelihara terbaik, Pelestari Cagar Budaya terbaik dan Pemerintah Kota Peduli Cagar Budaya 2014. Ada pula Enam katagori penerima Anugerah Museum 2014 adalah Provinsi Terbaik 2014, Museum Kota terbaik 2014, Museum milik lembaga/Kementerian/BUMN/TNI/Polri, Museum Swasta terbaik, Pemerintah Provinsi Peduli Museum dan Pemerintah Kota/Kabupaten Peduli Museum.

Para penerima penganugerahan menerima hadiah penghargaan piala dan piagam dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , yang diserahkan oleh Wiendu Nuryati selaku “Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan”. Selain itu,para penerima penganugerahan membawa pulang hadiah  uang sebesar 25 Juta, diantaranya untuk nominasi tiga jurupelihara, dua orang tokoh pelestari cagar budaya dan empat museum terbaik. Harapan besar dari terselenggaranya acara Malam Anugerah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 2014 ini dapat mendorong kesadaran dari semua pihak dalam melestarikan Cagar Budaya dan Permuseuman di Indonesia.

Sumber : museumnasional.or.id