Kunjungan Wisatawan ke Malang Diprediksi Meningkat Saat Libur Lebaran

Kunjungan Wisatawan ke Malang Diprediksi Meningkat Saat Libur Lebaran

Pengelola lokasi wisata di Malang raya memprediksi arus kunjungan wisatawan di wilayah itu selama musim Lebaran 2015 akan naik sekitar 300 persen dari hari-hari biasa.

Operasional Manajer Museum Angkut Plus Movie Star Studio Batu, Titik S Ariyanto, di Malang, Senin (13/7/2015) memperkirakan puncak arus kunjungan wisatawan mulai H+1 hingga sepekan ke depan (Minggu, 26/7/2015) atau sebelum musim liburan sekolah (SD-SMA) usai.

Untuk saat ini, meski bulan Ramadhan, jumlah pengunjung di lokasi wisata yang dikelolanya hampir sama dengan hari-hari biasa karena terbantu dengan musim liburan sekolah, sehingga kunjungan rombongan dari luar kota masih cukup banyak.

Ia mengakui momen puncak kunjungan wisata pada H+1 itu hampir sama dengan tahun lalu. Pada tahun lalu juga terjadi peningkatan kunjungan wisata hingga tiga kali lipat dari hari biasa.

Guna memacu arus kunjungan wisatawan ke sejumlah lokasi di Kota Batu, lanjut Titik, pihaknya harus pinta-pintar berinovasi, salah satunya dengan menggandeng perbankan, merchant serta pemasaran secara online maupun memberikan diskon dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kalau kita tidak pandai-pandai berinovasi dan menarik minat wisatawan, ya akan tertinggal jauh dengan wahana wisata lainnya, termasuk lokasi wisata baru. Selain itu, capaian omzet juga tidak akan tercapai,” ujarnya.

Sementara itu pengelola lokasi wisata alam dan pantai yang menjadi andalan Kabupaten Malang juga terus berinovasi untuk mencapai target kunjungan selama musim Lebaran 2015. Bahkan arus kunjungan wisata di Pantai Balaikambang yang berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang itu ditarget sebanyak 100 ribu orang.

Direktur Administrasi PD Jasa Yasa, Asyari mengatakan jumlah pengunjung di Pantai Balaikambang selama Lebaran tahun lalu mencapai lebih dari 60 ribu orang, dan tahun ini ditargetkan bisa mencapai 100 ribu orang.

“Saya yakin akan terpenuhi, apalagi cuti bersama dan libur Lebaran tahun ini lebih panjang ketimbang tahun lalu,” ucapnya.

Selain Pantai Balaikambang, sejumlah pantai yang menjadi primadona wisatawan di Kabupaten Malang di antaranya adalah Pantai Ngliyep di Kecamatan Donomulyo, Pantai Sendangbiru dan Pulau Sempu, Pantai Bajulmati, Goa China, dan Pantai Licin.

Untuk menarik minat wisatawan ke Pantai Balaikambang dan Ngliyep, PD Jasa Yasa sebagai pengelola akan menggelar konser dangdut pada 23 Juli dan 25 Juli. Khusus di Pantai Balaikambang, akan diadakan pesta kembang api karena pelaksanaan konsernya pada malam hari.

Menyinggung tiket masuk selama Lebaran, Asyari mengatakan tidak ada kenaikan, yakni sebesar Rp 10.000 per orang. “Selain tiketnya murah, sejumlah fasilitas di Pantai Balaikambang juga telah disediakan, seperti penginapan, ocean rafting, flying fox, serta kafe musik,” kata Asyari.

Selain sejumlah destinasi wisata yang sudah ada, baik di Kota Batu maupun Kabupaten Malang, rencananya tepat pada momen Lebaran tahun ini juga akan diluncurkan wahana wiasata baru, yakni Hawaii Water Park yang berlokasi di Kecamatan Blimbing.

kompas.com