Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata di Semarang

Semarang memang dikenal memiliki banyak tempat wisata, salah satunya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Tempat ini berlokasi di sebelah barat daya kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan jalan Simongan Semarang di bawah naungan Yayasan Klenteng Sam Poo Kong Gedung Batu.

Klenteng Sam Poo Kong Semarang menjadi  salah satu tujuan wisata lokal di semarang yang menarik banyak minat wisatawan, baik Domestik maupun mancanegara. Pengunjung juga dapat berfoto dengan pakaian ala prajurit Cina di tempat tersebut.

Keberadaan Klenteng Sam Poo Kong Semarang tak lepas dari sosok Laksamana Tiongkok bernama Zheng He. Menurut sejarah Laksamana Zheng He sedang mengadakan pelayaran menelusuri pantai laut Jawa untuk tujuan politik dan dagang.

Karena ada awak kapal yang sakit ia memutuskan untuk bersandar terlebih dahulu  disebuah desa, yang bernama Simongan. Merasa nyaman di tempat itu, ia memutuskan untuk beberapa waktu menetap ditempat tersebut.

Namun karena harus melanjutkan perjalanan ia pun meninggalkan tempat tersebut, tapi banyak awak kapalnya yang menikah dengan warga setempat dan menetap di daerah Simongan. Tak heran sampai sekarang daerah Simongan banyak dihuni oleh penduduk keturunan Tiongkok.

Untuk mengenang jasa-jasa dari Laksamana Zheng He/Cheng Ho, penduduk setempat mendirikan sebuah Klenteng disekitar gua tempat dimana ia sering menghabiskan waktu untuk bersemedi yang akhirnya disebut dengan Klenteng Sam Poo Kong atau Sam Poo Thay DJin.

Keberadaan Klenteng Sam Poo Kong  Semarang ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai Kota Semarang. Tiap tahun bertepatan tanggal 29 Lak Gwee penanggalan Tionghoa, diadakan upacara ritual memperingati hari ulang tahun Sam Poo Tay Djien. Tertarik mengunjungi tempat ini? silahkan datang ke Semarang.

Sumber : aktualpost.com