Kesuksesan Festival Obor dan Lampion di Benteng Keraton Buton

Kesuksesan Festival Obor dan Lampion di Benteng Keraton Buton

Setelah sukses penyelenggaraan Kongres Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Ke-III 2015 yang berlangsung di kota Baubau selama 4 hari dari 25 hingga 28 Mei 2015, Sekretaris jendral (Sekjen) JKPI, Asfarinal sangat optimis jika kedepan kota Baubau mampu menyelenggarakan Festival Internasional Lampion dan Obor Benteng Obor.

Optimistis itu diungkapkan saat penutupan Kongres JKPI Ke-III 2015 di Arena Alun-alun Kotamara Baubau, Kamis (28/5/2015) malam.

Menurut Asfarinal, Pemerintah kota Baubau telah menunjukan kesuksesannya saat festival obor dan lampion di Benteng Keraton Buton saat Kongres JKPI, meski hujan terus mengguyur di wilayah itu.

“Ini sudah terbukti dengan berjalan lancar tadi malam festival kita dan saya juga merasa bahwa festifal itu untuk malam hari baru pertama kali diadakan di kota baubau, sekali lagi saya harap dan mudah-mudahan tahun depan akan ada festival internasional untuk obor, lampio dan karnaval budaya di benteng buton kota Baubau.” harapnya.

Asfarinal juga mengapresiasi partisipasi masyarakat baubau yang turut andil dalam kegiatan tersebut sejak pembukaan hingga penutupan pelaksanaan kegiatan JKPI dan itu dianggapnya sebuah kerjasama yang baik antara pemerintah daeran dengan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Baubau Wa Ode Maasra Manarfah saat menyampaikan sambutannya mengatakan, pelaksanaan kongres JKPI itu memiliki makna dan nilai tersendiri bagi masyarakat kota Baubau, dan dirinya berharap melalui momen tersebut akan menjadikan motivasi bagi semua lapisan terhadap kecintaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Melalui kongres ini diharapkan semakin mempertebal rasa cinta akan budaya sekaligus menjadi motivasi bagi masyarakat dan pemerintah kota baubau dalam membangun daerah, disamping itu dapat memicu kesadaran dalam melestarikan pusaka-pusaka yang ada serta nilai-nilai luhur yang hidup ditengah masyarakat yang pada akhirnya akan mampu memberikan sumbangsi dan memperkaya khasanah budaya nasional,” ungkapnya.

Dalam acara penutupan Kongres JKPI itu, ditampilkan pagelaran seni dari seluruh peserta JKPI yang hadir pada Kongres itu, sekaligus penutupan ekspo haritage dan bentang film benteng (Fortress Film Festival).

Sumber : rri.co.id