Kegiatan Internasional Pertama di Bangka Barat Bangkitkan Pariwisata

Kegiatan Internasional Pertama di Bangka Barat Bangkitkan Pariwisata

“Home Stay Fair” (HSF) atau pertemuan para pelaku usaha rumah singgah se-Asia Tenggara yang akan digelar di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan menjadi momentum awal kebangkitan sektor pariwisata di daerah itu.

“Kami yakin kesuksesan kegiatan internasional pertama yang akan diselenggarakan di Bangka Barat, pada awal September 2015 itu bisa menjadi titik awal dimulainya sektor pariwisata di daerah itu,” ujar Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Rahadiyan di Muntok.

Demi kesuksesan tersebut, Rahadiyan mengharapkan seluruh warga di daerah itu mampu memanfaatkan kegiatan tersebut dengan ikut berpartisipasi di dalamnya. “Beri pelayanan maksimal kepada para tamu agar mereka nyaman dan betah tinggal berlama-lama, kesan itu penting untuk dijadikan modal membangun pariwisata,” katanya.

Selain menjadi pelayan, menurut Rahadiyan, banyaknya peserta dan tamu yang akan hadir di daerah itu juga harus ditangkap untuk dijadikan peluang membuka ekonomi baru. “Masyarakat harus jeli membaca karakter para tamu yang akan hadir, baik dari sisi kebutuhan harian mereka maupun apa yang akan mereka bawa dari daerah itu,” ucapnya.

Dia menerangkan, pada kegiatan HSF 2015 yang akan digelar selama empat hari tersebut ada banyak peluang yang bisa ditawarkan, seperti kebutuhan makan, hiburan, pernak-pernik, jasa transportasi sampai oleh-oleh yang akan mereka bawa. “Kami berharap masyarakat tanggap dan menangkap peluang tersebut, jangan sampai mereka tidak membawa kesan apa-apa dari Bangka Barat,” katanya.

Rahadiyan berharap digelarnya HSF 2015 akan mampu membuka peluang usaha baru di daerah yang selama ini masyarakatnya banyak menggantungkan dari sektor pertambangan timah tersebut. “Kami berharap ke depan pariwisata bisa menjadi salah satu pilar ekonomi masyarakat, untuk itu sebagai langkah awal kita wajib ikut berperan dalam menyukseskan HSF 2015,” katanya.

HSF 2015 merupakan kegiatan yang difasilitasi Kementerian Pariwisata yang akan diikuti perwakilan dari 10 negara se-Asia Tenggara dan perwakilan seluruh provinsi di Indonesia. Pada kegiatan itu akan digelar berbagai kegiatan seperti seminar usaha rumah singgah dan pariwisata, seminar pengelolaan kota tua, pameran dan berbagai hiburan.

Sumber : kompas.com