Kawal Agenda Wisata, Kemenpar Bakal Dampingi Penyelenggara Event

Kawal Agenda Wisata, Kemenpar Bakal Dampingi Penyelenggara Event

Kementerian Pariwisata akan melakukan pendampingan terkait penyelenggaraan Calendar of Event Wonderful Indonesia 2018. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam acara Workshop/Coaching Penyelenggaraan Calendar of Event 2018.

“Output dari coaching ini adalah juklak (petunjuk pelaksana). Di lapangan nanti ada pendampingan atau shadow management (dari Kementerian Pariwisata),” kata Arief di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

Menurut Arief, pihak Kementerian Pariwisata akan mendampingi kurator dan juga penyelenggara event-event pariwisata. Pendampingan tersebut, lanjutnya, untuk memastikan penyelenggaraan event pariwisata bisa tepat sasaran.

“SOP (standar operasional) sedang disiapkan. Ada dua besar di sisi penyelenggaraannya. Director atau bagian produser. Pemasarannya harus seimbang,” ujarnya

Hal-hal yang menjadi perhatian dalam pendampingan penyelenggaraan event oleh Kementerian Pariwisata adalah pemasaran dan konsep event wisata.

“Paling sederhana itu siapa kuratornya. Kuratornya itu lebih banyak ke sutradara. Produsernya akan saya tanya berapa return-nya. Dari suatu acara itu berapa wisatawannya. Event pariwisata itu tak ditonton sendiri, tapi lebih attract orang,” kata Arief.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata telah menetapkan 100 agenda wisata sepanjang tahun 2018. Event-event pariwisata itu terdiri dari festival budaya, alam, maupun buatan manusia.

Calender of Event Wonderful Indonesia 2018 dirangkum dalam bentuk buku yang berisi informasi tentang penyelenggaraan event. Wisatawan maupun agen perjalanan bisa memanfaatkan Calender of Event Wonderful Indonesia 2018 sebagai panduan perjalanan maupun menginisiasi paket perjalanan berbasis event wisata.

travel.kompas.com/Image Kanal Aceh