JKPI Bentuk Presidium

JKPI Bentuk Presidium

Tiga orang terpilih menjadi presidium JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia) tahun 2012-2015 dalam kongres JKPI ke dua yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur pada Selasa  (23/10). Ketiga presidium terpilih tersebut adalah Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Mawardi Nurdin (Walikota Banda Aceh) dan Burhanuddin (Walikota Ternate). Ketiga presidium ini secara bergantian memimpin JKPI selama tiga tahun mendatang.

Selain menetapkan presidium, peserta kongres juga menetapkan 6 pimpinan JKPI periode 2012-2015. Mereka adalah Walikota Jakarta Utara, Walikota Pekalongan, Walikota Banjarmasin, Walikota Blitar, Walikota Denpasar dan Walikota Yogyakarta. Dengan terbentuknya presidium JKPI ini, maka berakhir pula masa jabatan ketua JKPI Amran Nur. Dalam sambutannya Amran Nur berharap JKPI dimasa yang akan datang dapat lebih maju dan bertambah anggotanya yang kini mencapai 48 kota.

Sementara itu, salah seorang Presidium JKPI, Burhanuddin Abdurrahman berharap adanya partisipasi aktif dari para anggota JKPI. Selain itu kerjasama dengan instansi-instansi terkait akan ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang. Dengan demikian diharapkan dapat membantu pula pembiayaan untuk melakukan konservasi cagar budaya. “Selama ini cagar budaya kan tidak di pandang, tidak dianggap penting. Padahal dengan memaksimalkan potensi cagar budaya yang ada di tiap daerah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Burhanuddin

(Nurakhmayani)