Ini Alasan Rendang Jadi Makanan Favorit Dunia

Ini Alasan Rendang Jadi Makanan Favorit Dunia

Padang – Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat (Sumbar) yang telah mendunia. Rendang bahkan tergolong sebagai makanan favorit dunia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, bahwa rendang adalah suatu masakan yang sebetulnya sama dengan masakan-masakan lain yang ada di daerah di Indonesia.

“Namun rendang dengan bermacam ragam bumbu asal daerah Sumbar yang unik memiliki  bentuk warnanya yang semua ada ciri khas, itu merupakan suatu produk dari turun temurun oleh para nenek moyang kita, orang tua dulu, itulah yang menjadikan suatu anugrah bagi kita mendapatkan suatu masakan yang menjadi ciri khas didaerah kita,” ulasnya saat menjadi narasumber Web Seminar (Webinar) In Your Hand “Menjadikan Rendang Makanan Favorit di Luar Negeri” di ruang kerja, Rabu (1/7/2020).

Namun demikian tidak bisa dipungkiri dari sekian banyak jumlah makanan, khususnya di Indonesia, rendang dinilainya sebagai sesuatu anugerah kekayaan kuliner.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyebutkan, rendang di Sumatera Barat menjadi makanan favorit orang luar negeri, dan disukai di dunia. Tentu ini bukan rekayasa ataupun disetting.

“Karena kami sendiri sebagai orang Sumatera Barat tidak pernah mensetting itu, ternyata sudah menjadi mendunia, walaupun ada upaya kita mempromosikan, kalaulah rendang itu tidak enak otomatis sekali dicoba tidak mungkin dicoba kedua kali kalau tidak enak, dan ditambah lagi menceritakan kepada orang lain dari mulut-kemulut lalu muncul rasa tak dipungkiri dan banyak orang menyebutkan karena rendang memang lezat dan nikmat,” ucapnya.

Menurut Irwan Prayitno, rendang tetap nomor satu dan mengalahkan makan dunia lainya, karena sudah sering kali direview melakukan suatu angket tentang rendang. Hal ini merupakan suatu peluang, atau modal yang besar.

“Rendang di Sumatera Barat salah satu adat tradisi Minang yang membudaya setiap kegiatan – kegiatan yang bersifat adat itu makanan wajibnya adalah rendang, dan setiap hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri, mengundang syukuran, pernikahan, acara adat Minang itu makanan wajib pastilah rendang,” jelasnya.

Irwan Prayitno menambahkan, rendang sebetulnya memiliki sekitar ratusan jenis warna dan rasa. Karena setiap nagari atau daerah mempunyai rasa dan cara yang berbeda. Uniknya selain enak, rendang pun tak mudah basi. Makanan tersebut bahkan bisa bertahan hingga hitungan bulan.

“Hal ini tentu juga sudah menjadi nilai komersial diperjual belikan di restoran, sehingga rendang merupakan makanan favorit bagi orang bule dan rendang tersebut dijadikan makan stick oleh orang luar, selain aroma, rasanya juga tak bisa dipungkiri, enak dan lezat,” ungkapnya.

rri.co.id/Image foodizz.id