Hari Jadi ke-494 Kota Banjarmasin Diawali Ziarah ke Makam Raja Banjar

Banjarmasin – Sama seperti biasanya, peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-494 kota Banjarmasin yang jatuh setiap tanggal 24 September diawali dengan ziarah ke makam Raja Banjar pertama, Sultan Surianysah di kawasan Kuin Utara.

Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang penuh dengan perayaan, peringatan Harjad kali ini lebih sederhana dan hanya diikuti oleh pejabat di lingkungan Pemko Banjarmasin dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Alasannya pun tak lain karena pandemi CoVID-19 yang masih melanda, sehingga tidak memungkinkan untuk diselenggarakan secara besar-besaran dan mengundang banyak orang.

Dimulai sekitar pukul 08.00 WITA, Wali Kota, Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota, Hermansyah beserta jajaran memulai ritual pembacaan doa-doa di depan makam sultan yang berlangsung dengan khidmat. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga.

“Tradisi setiap tahun. Namun tahun ini pelaksanaannya sangat sederhana,” ucap Wali Kota, Ibnu Sina kepada SMART FM, usai melaksanakan prosesi ziarah makam dan tabur bunga, Kamis (24/09) pagi.

Ibnu menerangkan, bahwa pada peringatan Harjad tahun ini sangat sederhana. Di mana setelah ziarah, pihaknya beserta jajaran langsung menuju gedung DPRD Kota Banjarmasin untuk menggelar Rapat Paripurna Istimewa.

Kemudian, dilanjutkan kegiatan Banjarmasin menyapa di aula Kayuh Baimbai, melalui pertemuan virtual.

“Kegiatan kita pindah secara virtual. Di situ kita akan menyapa warga dan juga menerima ucapan dari kolega,” pungkasnya.

Disinggung mengenai kondisi makam, Ibnu mengungkapkan akan berupaya untuk melakukan renovasi, sekaligus dengan masjid bersejarah Sultan Suriansyah di lokasi yang tidak berjauhan.

“Situs bersejarah ini harus tetap dipelihara,” tandasnya.

sonora.id