Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 ‘Pesona Budaya Kepulauan Rempah’ Siap Dihelat

Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 ‘Pesona Budaya Kepulauan Rempah’ Siap Dihelat

Ternate – Sejumlah kegiatan budaya dan kerifal lokal akan ditampilkan dalam Event tahunan Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 yang akan dimulai pada tanggal 28 April hingga 5 Mei 2018 mendatang, di veneu FTJ, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara.

Tagline sekaligus tema FTJ kali ini adalah “Pesona Budaya Kepulauan Rempah” atau “Wonderful Culture Of Spice Island”. Ada pergelaran seni budaya tujuh suku asli Halbar, Ritual Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Fun Dive, Underwater Competition, Jailolo Kitchen, dan Kuliner.

Selain itu,  juga ada Pesta Tani, Permainan Tradisional Anak, Ritual Si Gifi Hohu, Pameran Budaya, tarian Cry Jailolo, Balala, Sasadu On The Sea, dan penampilan grup Band Slank pada puncak Even FTJ yang masuk dalam 100 Event Nasional Pariwisata yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata RI beberapa waktu lalu.

“Kita mengangkat budaya lokal, karena FTJ ini sudah satu dekade, dan kita evaluasi mana yang narik dan menjadi prioritas yang perlu untuk diangkat kembali pada FTJ kali ini,” ucap Bupati Halamahera Barat, Danny Missy, kepada RRI, Senin (16/4/2018) di Ternate.

Menurut Danny, sesuai hasil konfirmasi terakhir, rencananya Menteri Pariwisata, Arief Yahya akan hadir pada Event tersebut, dan akan dilanjutkan dengan anggenda Kementerian Desa, di tanggal 2 hingga tanggal 5 Mei yang juga rencananya dihadiri oleh Persiden Jokowi.

“Di anggenda Kementerian Desa ini sudah masuk, namun semuanya masih tentatif. Target kami enam ribu orang akan datang ke FTJ kali ini, sesuai hasil pembicaraan kami dengan pihak Kemenpar,” jelasnya.

Pemkab Halbar,  Menurut Bupati Danny,  akan menyediakan angkutan kapal gratis bagi masyarakat yang ingin datang ke Jailolo untuk menikmati puncak kegiatan FTJ 2018.

“Kita siapkan kapal penumpang gratis bagi seluruh masyarakat Maluku Utara yang ingin menyaksikan kemeriahan FTJ, yang sudah masuk tahun ke-10,” tutup Danny.

Lokasi Festival Teluk Jailolo 2018 tidak terlalu jauh dari dermaga, pengunjung dapat lanjut menggunakan jasa angkutan becak bermotor (Bentor) atau cukup berjalan kaki saja.

Selain itu, penginapan di Teluk Jailolo juga tidak sulit dicari. Terdapat sejumlah penginapan termasuk hotel bintang satu dan homestay, yang siap menampung para wisatawan domestik dan mancanegara dengan segala keramahan.

rri.co.id