Festival jenang Solo 2017 Dalam Rangka HUT Kota Solo ke-272

Festival jenang Solo 2017 Dalam Rangka HUT Kota Solo ke-272

Ribuan warga Kota Solo, Jumat (17/2) merayakan hari jadi kotanya yang ke 272. Kegiatan dikemas dalam acara ‘Festival jenang Solo 2017’ yang dipusatkan di Kawasan Ngarsapuro, depan Istana Mangkunegaran. Ribuan takir (piring daun) jenang (bubur) dibagikan ke ribuan warga yang hadir. Bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan sejumlah muspida, warga melakukan kembul bujana (makan bersama).

Sebelum prosesi tersebut, Pemerintah Kota Solo menggelar upacara bendera di Stadion Sriwedari. Usai upacara sebanyak 272 gunungan jenang dari Solo dan daerah lainnya dikirap menuju Ngarsapura. Setelah didoakan, gunungan jenang dibagikan kepada warga.

“Hari jadi Kota Solo ini sesungguhnya merupakan perpindahan Keraton Kartasura ke Desa Solo, yang sekarang ini menjadi Keraton Surakarta. Kami berharap kedepan kondisi keraton akan lebih baik. Sehingga akan menjadi destinasi wisata andalan bagi Kota Solo. Kedepan Solo juga akan semakin nyaman bagi wisatawan yang berkunjung,” ujar FX Hadi Rudyatmo.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Jenang Indonesia Aji Slamet Raharjo mengatakan, dipilihnya jenang dalam hari jadi Kota Solo bukan tanpa alasan karena sesuai sejarahnya. Yakni saat Keraton Kartasura diboyong (dipindahkan) ke Desa Solo, yang saat ini bernama Keraton Surakarta.

“Dalam peristiwa bersejarah tersebut terdapat 17 jenis jenang yang turut dibawa dalam prosesi pada waktu itu,” jelasnya.

Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga Dewan Penasehat Yayasan Jenang Indonesia KGPH Dipokusumo menambahkan, secara historis jenang sudah melekat pada masyarakat nusantara. Pada era kerajaan kerajaan di Indonesia, jenang memiliki nilai ritual dan kesejahteraan. Masyarakat Indonesia, terutama Jawa, secara sosialogis suka memberi makna dalam kegiatannnya.

“Termasuk jenang dengan beragam namanya yang memiliki makna filosofis yang tinggi,” ucap dia.

Festival jenang Solo 2017 yang hadir menyemarakkan hari ulang tahun Kota Solo ke 272, mengambil tema ‘pesona jenang nusantara’. Kegiatan ini sekaligus untuk mempopulerkan ragam jenang nusantara kepada masyarakat.

merdeka.com/Image SINDOnews