Event 500 Tahun Ekspedisi Magellan Tetap Digelar

Event 500 Tahun Ekspedisi Magellan Tetap Digelar

Ternate – Event memperingati 500 tahun perjalanan Ferdinand Magellan mengelilingi dunia akan digelar Pemerintah Spanyol bertempat di Ternate dan Tidore, Provinsi Maluku Utara pada 17 hingga 19 Maret 2021 nanti.

Sebanyak 220 warga Spanyol akan datang ke Malut dengan menggunakan kapal dengan tipe yang sama. Seperti halnya digunakan Magellan pada massa itu yakni Kapal layar  El-cano dengan panjang kapal kurang lebih 130 meter dengan lebar 40 meter.

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia HE. Mr. Jose Maria Matres Manso, saat melakuakan pertemuan dengan Wali Kota Ternate,  Senin (15/2/2021) di Aula Kantor Wali Kota Ternate mengaku, event ekspedisi ini sudah hampir batal. Beberapa negara yang awalnya memastikan ikut serta dalam ekspedisi ini bahkan sudah membatalkan akibat Covid.

Namun Pemerintah Spanyol tetap komitmen agar event ini bisa terlaksana. Karena itu, kedatangannya untuk memastikan kesiapan Pemerintah Kota Ternate. Sebab kapal El-cano, telah bertolak dari Spanyol.

“Semula ada 40 negara yang akan disinggahi kapal kami,  namun karena pandemi Covid-19 jadi hanya 4 negara saja yang disingahi yakni Hawai, Kwang soo, Philipina dan Indonesia adalah Ternate dan Tidore yang menjadi tujuan,” ucap Manso. yang diterjemahkan oleh Kris Samsuddin pada acara pertemuan itu

Menurutnya, Kapal El-cano akan berlabuh di perairan Ternate dan Tidore selama 2 hari dan melakukan sejumlah atraksi termasuk parede mariam Cannon milik kapal tersebut, kedatangan kami juga untuk mencari titik koordinat tempat kapal berlabuh.

“Seluruh penumpang kapal tidak diperkenankan untuk turun begitu juga masyarakat tidak diperbolehkan untuk naik ke kapal, karena protokol Covid-19,” ujarnya.

Meski begitu, dalam pelaksanaan event ini, ada beberapa atraksi yang akan dipentaskan yang terpusat di situs cagar budaya Fort Oranje Ternate yakni pertunjukan musik gitar spanyol. Menariknya, bukan warga Spanyol yang memainkan musik tersebut, tapi orang Indonesia yang pernah tinggal di Spanyol.

“ini sebagai penyatuan. Dimana budaya Spanyol juga dapat diketahui dan dicintai warga negara Indonesia,” kata Manso,

Menariknya, Manso dikesempatan itu memastikan event ini akan menjadi momen kerja sama dibidang investasi antara pemerintah Maluku Utara dengan pemerintah spanyol. Bahkan, Manson memastikan akan mengfasilitasi para pengusaha di spanyol untuk berinvestasi di Malut.

“Asalkan daerahnya juga siap. Terutama dari data kekayaan sumber daya alam. Apa yang menjadi keunggulan yang akan ditawarkan nanti,” kata Manson. Sembari menyampaikan, salah satu yang paling mungkin untuk dikerja samakan adalah investasi bidang parawisata. Karena warga Spanyol setiap tahun terbanyak melakukan perbajalan kunjungan.

Sementara Wali Kota Burhan Abdurahman, menyampaikan terima kasih atas komitmen pihak negara Spanyol. Meskipun ditengah pandemi event ekspedisi ini dapat dilaksanakan. Harapan pemerintah, dengan adanya event ekspedisi mengenang perjalnan Magellan 500 tahun lalu ini, mampu menumbuhkan investasi dibidang parawisata nanti.

“Meskipun ini event memperingati 500 tahun perjalanan Magellan. Ini menjadi momen yang dimanfaatkan Pemerintah kedepan. Dimana setiap tahun dibuat event yang sama, guna mengundang para turis datang berkunjung ke Kota Ternate,” pungkasnya.

rri.co.id