Dinas Pariwisata Kota Ternate Akan Kembangkan Obyek Wisata Melalui DAK

Ternate – Untuk mengembangkan Obyek Wisata yang ada di Kota Ternate, Dinas Pariwisata Kota Ternate kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata sebesar 3 Miliar Rupiah.

DAK Tahun 2019 sebesar 3 Miliar Rupiah di bidang Pariwisata tersebut diprioritaskan untuk pengembangan sejumlah destinasi yang berada dibawah pengelolaan Pemerintah Daerah seperti Obyek Wisata Batu Angus, Pantai Sulamadaha dan Danau Tolire Besar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Samin Marsaoly  mengatakan, di tahun ini strategi pengembangan kawasan berbasis partisipasi.

Pemerintah hanya mendorong untuk selanjutnya di kelola masyarakat namun akan tetap dilakukan pendampingan dan pengawasan. Seperti halnya pada pengembangan destinasi yang ada di Kecamatan Pulau Hiri.

”Dalam pengembangan kawasan berbasis partisipasi akan tetap dilakukan pendampingan dan pengawasan,” Ungkap Samin Marsaoly.

Untuk penggunaan dana partisipatif pembangunan Kelurahan yang dialokasikan oleh Pemkot Ternate di 2019 kata Samin Marsaoly diarahkan untuk infrastruktur pendukung seperti menara pandang sebagai spot selvie, MCK dan lainnya.

Selain itu juga menurut Samin Marsaoly pemanfaatan DAK Kementerian Pariwisata di tahun ini juga akan dilakukan pengembangan dive center lengkap dengan peralatan yang berada di Taman Nukila, termasuk pengembangan kawasan destinasi yang sudah ada sehingga bisa menarik orang untuk berkunjung lebih banyak lagi.

rri.co.id/Image Tribunnews.com