Calendar of Events Bali (Februari 2021)

Calendar of Events Bali (Februari 2021)

Bulan Bahasa Bali 2021 padukan kegiatan daring-luring

Pemerintah Provinsi Bali saat pandemi COVID-19 tetap mengadakan Bulan Bahasa Bali yang ketiga kalinya pada 1-28 Februari 2021 sebagai bentuk pemuliaan terhadap bahasa, aksara dan sastra Bali melalui kegiatan yang memadukan konsep acara daring dan luring.

“Bulan Bahasa Bali untuk tahun ini mengangkat tema Wana Kerthi: Sabdaning Taru Mahottama yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai Altar Pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Tertaut Jelajah Pemaknaan Hutan sebagai Prana Kehidupan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof Dr I Wayan Kun Adnyana di Denpasar, Minggu.

Jelang Pameran IKM Bali Bangkit 1 Feb-31 Maret, Putri Koster minta perajin tonjolkan produk asli Bali

Menjelang pameran IKM Bali Bangkit pada 1 Februari hingga 31 Maret 2021, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster meminta para perajin peserta Pameran IKM Bali Bangkit untuk menonjolkan produk asli Bali.

“Kerajinan asli Bali, baik kain tenun, perak, ukiran batu hingga kayu mempunyai ciri khas tersendiri dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan tinggalkan itu dengan menjual produk tiruan,” kata Putri Koster di Taman Budaya Denpasar, Jumat.

1 Februari, GWK Cultural Park Bali tutup kembali

Pengelola kawasan pariwisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, akan melakukan penutupan operasional sementara dari kunjungan wisatawan umum, mulai Senin 1 Februari 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Keputusan ini kami ambil sebagai dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran pandemi COVID-19, khususnya di Provinsi Bali,” ujar GM Marketing Communication & Event GWK Cultural Park, Andre Prawiradisastra di Kabupaten Badung, Bali, Minggu.

1-28 Februari, Bulan Bahasa Bali 2021 pamerkan 89 karya seni prasi

Sebanyak 89 karya seni prasi atau karya seni rupa di atas daun lontar dipamerkan memeriahkan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang akan berlangsung pada 1-28 Februari 2021 di Taman Budaya Provinsi Bali, Kota Denpasar.

“Ini merupakan pameran seni prasi terbesar dan terlengkap di Bali,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof Dr I Wayan “Kun” Adnyana di Denpasar, Selasa.

Nyepi 2021, PHDI Bali dan MDA larang arak-arakan ogoh-ogoh

Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat provinsi setempat mengeluarkan surat edaran bersama tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Saka 1943 (2021) yang salah satu isinya meniadakan/melarang arak-arakan ogoh-ogoh.

“Pengarakan ogoh-ogoh bukan merupakan rangkaian wajib Hari Suci Nyepi, karena itu pengarakan ogoh-ogoh pada Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1943 ditiadakan,” kata Ketua PHDI Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana dalam surat edarannya itu di Denpasar, Selasa.

Dalam Surat Edaran Bersama bernomor 009/PHDI-Bali/I/2021 dan bernomor 002/MDA-Prov Bali/I/2021 tertanggal 19 Januari 2021 itu ditandatangani Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana, Bandesa Agung Majelis Desa Adat Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Hari Nyepi tahun 2021, tepatnya jatuh pada 14 Maret mendatang. Dengan adanya pembatasan kegiatan dimaksud juga telah memperhitungkan berbagai peraturan yang sudah ada pada masa pandemi COVID-19.

ANTARA/Image tribunnews.com