BPCB Yogyakarta Hentikan Sementara Pemugaran Candi Perwara

BPCB Yogyakarta Hentikan Sementara Pemugaran Candi Perwara

Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta akan menghentikan sementara pemugaran Candi Perwara di Komplek Candi Prambanan selama libur nasional Lebaran 2015, karena dipastikan objek wisata peninggalan sejarah budaya tersebut akan dipadati wisatawan.

“Sementara pemugaran Candi Perwara kami hentikan dulu pada sepekan libur Lebaran, kami hanya akan menempatkan petugas jaga dan juru pelihara di lokasi,” kata Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, dihentikannya sementara proses pemugaran ini memang berbeda ketika saat puasa Ramadhan. Waktu puasa, hanya ada pengurangan satu jam saja sesuai dengan perencanaan.

“Kami berupaya mengejar target pada pertengahan November proses pemugaran satu unit Candi Perwara ini bisa selesai. Untuk kemudian bisa dikerjakan candi lainnya, kami mematok bisa memugar satu unit candi dalam setahunnya,” ktuturnya.

Ia mengatakan, dengan rampungnya satu unit Candi Perwara dipugar, maka pada tahun ini menjadi tiga unit Candi Perwara yang sudah berdiri kembali, dan tinggal menyisakan 221 unit untuk dipugar selanjutnya.

“Candi Perwara ini mengelilingi candi induk di Komplek Candi Prambanan, pada jaman penjajahan Belanda telah memugar dua candi, dan tahun ini kami memugar satu candi,” ucapnya.

Kepala UPT Taman Wisata Candi Prambanan Priyo Santoso mengatakan dengan bertambahnya koleksi Candi Perwara tersebut, diharapkan nantinya bisa lebih meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

“Apalagi di momentum libur panjang, seperti lebaran ini. Prediksi kami, bisa lebih dari 180 ribu pengunjung yang akan datang ke Candi Prambanan selama masa libur lebaran 2015,” tuturnya.

antaranews.com