Borobudur Marathon 2016 Akan Digelar

Borobudur Marathon 2016 Akan Digelar

Pemerintah tengah serius untuk mempromosikan Borobudur yang adalah satu dari 10 destinasi prioritas. Pada 20 November ini misalnya, akan digelar event internasional Borobudur Marathon 2016.

Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya dalam press conference Borobudur Marathon 2016 di Lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/11/2016). Bahwa perlu banyak diselenggarakan event bertaraf internasional di sekitar Borobudur sebagai promosi untuk menarik wisman. Salah satu caranya lewat wisata olahraga seperti Borobudur Marathon.

“Destinasi wisata Borobudur perlu digencarkan promosinya, antara lain melalui event sport tourism seperti ini sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisman ke destinasi ini yang ditargetkan sebanyak dua juta wisman pada 2019,” ujar Arief.

Senada dengan Arief, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang juga hadir turut mendukung terlenggaranya Borobudur Marathon 2016. Ganjar pun sadar betul, kalau Borobudur yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia memiliki banyak potensi untuk menarik wisman. Perlu ada lebih banyak event untuk promosi Borobudur.

“Sebenarnya kita mesti menciptakan event untuk memeriahkan, colourful, itu yang ada di sana. Karena Borobudur itu potensinya ada, banyak evennt yang kita bisa buat. Untuk sport sekarang ada marathon, terus kita bicara sepeda orang lagi suka itu. Kemudian rafting juga ada di sana,” ujar Ganjar.

Secara teknis, gelaran Borobudur Marathon 2016 turut didukung oleh Kemenpar, provinsi Jawa Tengah, Pemkab Magelang, Bank Jateng, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia dan stakeholder terkait lainnya. Kategorinya terbagi menjadi 10K, Half Marathon, full Marathon, juga Ultra Marathon serta ambasador dan Celebrity Run yang akan diikuti para artis dan duta besar.

Taman Lumbini yang berada di area komplek Borobudur pun dipilih sebagai lokasi start dan finish Borobudur Marathon 2016. Di estimasi akan hadir sekitar 20 ribu peserta dari mancanegara hingga dalam negeri.

“Keseluruhan peserta Borobudur Marathon 2016 sekitar 20 ribu orang, termasuk dari mancanegara, dengan total hadiah sebesar Rp 4 miliar,” ujar Ganjar.

travel.detik.com/Image detikterkini.com