BERNOSTALGIA DI FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG

BERNOSTALGIA DI FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG

Kota Lama Semarang merupakan citra visual yang menyajikan kemegahan arsitektur Eropa di masa lalu.. Di tempat ini banyak berdiri bangunan nan eksotis dan megah peninggalan Kolonial Belanda yang menyimpan segudang cerita. Di sekitar Kota Lama dibangun kanal-kanal air yang keberadaanya masih bisa disaksikan hingga kini, meski tidak terawat. Maka tak heran Kota Lama mendapat julukan sebagai Little Netherland. Lokasinya yang terpisah dengan lanskap mirip kota di Eropa serta kanal yang mengelilinginya menjadikan Kota Lama seperti miniatur Belanda di Semarang.

Untuk bernostalgia dengan berbagai kenangan Kota Lama Semarang, pemerintah kota Semarang menggelar Festival Kota Lama Semarang. Dalam festival ini menampilkan berbagai kegiatan diantaranya konferensi internasional 2012 yang diselenggarakan di Blenduk Heritage Building dan Gedangan Building. Sambil bernostalgia dengan kota lama, para pengunjung festival dapat mencicipi makanan tua. Festival ini juga dimeriahkan dengan tur mobil, sepeda, vespa tua. Tidak lupa mobil yang digunakan Presiden pertama Bung Karno juga akan ditampilkan dalam festival ini.

Selain itu Festival Kota Lama juga dimeriahkan dengan musik dan tarian. Tentunya musik serta tarian yang ditampilkan merupakan khas tempo dulu. Festival Kota Lama akan berlangsung pada 5 hingga 7 Oktober 2012 mendatang.

(NURAKHMAYANI)