Banyak Bangunan Bersejarah Yang Mempunyai Nilai Budaya di Kota Semarang

Banyak Bangunan Bersejarah Yang Mempunyai Nilai Budaya di Kota Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Kota Semarang bisa terus berbenah untuk keperluan pariwisata. Banyak bangunan bersejarah dan tempat yang mengandung budaya di Kota Semarang yang sebetulnya layak dijadikan destinasi wisata, tetapi belum tersentuh dengan baik.

“Semarang ada sejarah kereta (Lawang Sewu), sudah bisa digelar pemotretan peragawati, konser kecil juga sudah bisa. Kota lama bisa dibangun sebagai destinasi wisata, juga dipoles sedikit bisa untuk pameran,” kata Ganjar di Semarang, Jumat (7/8/2015).

Banyak bangunan bersejarah yang mempunyai nilai budaya kerap kali tidak terawat. Bangunan juga dianggap mempunyai banyak “penunggu” sehingga hanya sedikit warga yang berwisata di gedung tua.

Ganjar pun risau dengan keadaan tersebut. Ia memastikan bahwa gedung tua bersejarah tak selalu menyeramkan. “Orang sering bilang Gedung Lawang Sewu itu banyak demit, itu enggak ada (demit),” tambahnya.

Selain wisata gedung tua, Semarang juga memiliki tempat budaya, seperti Sam Poo Kong. Di tempat itu, selalu ada kegiatan perayaan datangnya Laksamana Ceng Ho yang selalu jadi rujukan pariwisata. Hal tersebut yang membuat Ganjar meminta agar potensi seperti itu bisa dimaksimalkan.

“Cerita Ceng Ho bukan hanya indonesia, tapi dunia. Ceng Ho bukan cerita perjalanan mencari uang, tapi bercerita persahabatan. Itu yang perlu dipromosikan,” paparnya.

kompas.com