Banjarmasin Night Carnival, Ramaikan Harjad Kota Banjarmasin

BANJARMASIN – Kemeriahan mewarnai Banjarmasin Night Carnival yang digelar dari titik start di Siring Nol Kilometer Jalan Jenderal, Banjarmasin, Sabtu (21/9) malam.

Sebanyak 35 kelompok peserta berjalan kaki beriringan dengan masing-masing menampilkan kekhasan kostum dan properti.

Ada yang menampilkan sinoman hadrah, japin, wayang orang, tarian Banjar dan Dayak, juga pakaian adat dan jukung hias serta sepeda ontel.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota H Hermansyah yang melepas peserta karnaval, sebelumnya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kreatifitas masyarakat dalam mengaplikasi tema karnaval.

“Semoga kemeriahan ini dapat menghibur dan nantikan acara yang spektakuler nantinya pada acara puncak hari jadi Kota Banjarmasin ke-493 pada 24 September,” serunya.

Sebelumnya pula Kepala Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin M Ikhsan Alhak dalam laporannya menyampaikan, bahwa ini pelaksanaan Banjarmasin Night Carnival ke-3.

“Even ini adalah bagian dari rangkaian perayaan Hari jadi Kota Banjarmasin 493, setiap tahun kita adakan denga tema berbeda. Tahun ini temanya pemanfaatan daur ulang limbah plastik,” ujar Ikhsan.

Penilaian para juri menitikberatkan pada komposisi bahan, aspek kerapian, keunikan, keserasian make up dan kostum

“Malam ini ada 35 kelompok mengikuti karnaval, mereka dari SMP, SMA, mahasiswa, organisasi, komunitas, BPK dan lainnya,” jelas Ikhsan.

Banjarmasin Night Carnival yang menyediakan total hadiah Rp45 juta ini diwacanakan Ikhsan sebagai even barometer di Kalimantan.

“Semoga saja bisa seperti karnaval tahunan di Jember, Jawa Timur, yang sudah menjadi ikon wisata setempat,” tandasnya.

banjarmasin.tribunnews.com/Image apahabar.com