Bangkit Kembali Patung Raksasa Firaun di Mesir

Bangkit Kembali Patung Raksasa Firaun di Mesir

Mesir tidak hanya punya piramida yang tersohor. Negara yang dialiri Sungai Nil ini juga memiliki banyak kuil dan patung-patung raksasa. Salah satunya adalah Patung Firaun Amenhotep III yang baru saja dibangkitkan kembali!

Patung Firaun Amenhotep III ini terletak di Kota Luxor, sekitar 600 km dari Kairo, Mesir. Luxor terbagi menjadi 2 area, East Bank dan West Bank. Di area West Bank memang banyak terdapat kuil dan bangunan Mesir kuno lainnya.

Ditengok dari CNN oleh detikTravel, Senin (22/12/2014), patung raksasa Firaun Amenhotep III roboh karena gempa bumi sekitar 3.000 tahun yang lalu. Patung ini memiliki berat 50 ton dengan tinggi 13 meter.

Restorasi patung dilakukan oleh arkeolog Mesir dan Jerman. Menurut Hourig Sourouzian, seorang arkeolog Jerman, patung ini merupakan salah satu patung raja Mesir tertinggi yang telah ditemukan.

Patung Firaun Amenhotep III ini menjadi patung Firaun dalam posisi berdiri kedua yang direstorasi setelah 1 patung Firaun Amenhotep III lainnya yang telah selesai direstorasi bulan Maret 2014.

Patung raksasa Firaun Amenhotep III direstorasi dan dipajang kembali untuk meningkatkan sektor pariwisata Mesir. Pariwisata Mesir memang sempat terpuruk sehubungan dengan keadaan politik yang tidak stabil sejak digulingkannya Presiden Hosni Mubarak tahun 2011 lalu.

Patung ini bisa dilihat di area kuil Amenhotep III. Di dekat Patung Firaun Amenhotep III yang baru selesai direstorasi juga ada 2 patung Firaun Amenhotep III lainnya yang dinamakan Colossi of Memnon.

Sumber : detik.com