3 Langkah Pemkot Malang Pulihkan Pariwisata Akibat Pandemi

3 Langkah Pemkot Malang Pulihkan Pariwisata Akibat Pandemi

MALANG – Kondisi pariwisata di Kota Malang masih terpuruk. Meski begitu, pemerintah setempat sudah menyiapkan langkah untuk memulihkan sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, langkah pertama memulihkan sektor wisata akibat pandemi Covid-19 adalah dengan memulihkan tempat wisata.

Langkah kedua, hotel dan restoran diminta tetap disipin menerapkan protokol kesehatan melalui CHSE atau cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).

Langkah ketiga, pihaknya sudah mempersiapkan agenda event yang diharapkan mampu mendatangkan wisatawan ke Kota Malang. Agenda itu akan dilaksanakan jika memungkinkan dan tidak memicu penambahan kasus Covid-19.

“Untuk pemulihan ekonomi di sektor pariwisata, kami memang melakukan recovery bagi destinasi, untuk hotel restoran CHSE tetap dan untuk event itu kami utamakan di Bulan April. Itu pun kalau tidak PPKM lagi,” kata dia, Minggu (14/2/2021).

Berbagai event yang disiapkannya berbasis pada Kampung Tematik yang ada di Kota Malang. Akan ada 40 agenda event berbasis Kampung Tematik yang direncanakan dilaksanakan pada April hingga Desember 2021.

“Event yang diadakan oleh Kampung Tematik itu yang kami tonjolkan. April hingga Desember kami sudah rencanakan ada 40 event Kampung Tematik. Di situ sudah dilaksanakan di masing-masing kampung. Jadi kami ingin mengangkat local wisdom,” ujar Ida.

Pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,8 miliar dari APBD Kota Malang untuk pemulihan sektor pariwisata.

Diketahui, Kota Malang menyimpan berbagai Kampung Tematik yang memicu kedatangan wisatawan. Seperti Kampung Warna-Warni di Jodipan, Kampung Tempe Sanan dan Kampung Keramik di Dinoyo.

Pemkot Malang juga sedang menyiapkan Kampung Heritage di Kawasan Kayutangan yang menyimpan berbagai bangunan kuno peninggalan era Kolonial Belanda.

travel.kompas.com/Image amazingmalang.id