Pemkot Madiun Gelar Festival Tahun Baru Imlek di Kampung Pecinan

Madiun – Perayaan Imlek di Kota Madiun tahun ini semakin meriah. Ini setelah adanya event yang diselenggarakan Pemerintah Kota Madiun di Kampung Pecinan, yang dipusatkan di Jalan Batanghari. Event bertajuk PeceLand Chinese New Year Festival berlangsung selama lima hari, mulai Rabu (22/1/2020) hingga Minggu (26/1/2020).

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, semarak perayaan imlek di Kota Madiun semakin terasa. Aneka lampion dan pernak-pernik imlek bernuansa merah telah terpasang sejak beberapa hari terakhir. Selain di Jalan Batanghari, lampion juga terpasang di depan Klenteng atau Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong di Jalan Cokroaminoto, sekitar 50 meter dari perkampungan pecinan.

Ia menyatakan, pada event PeceLand Chinese New Year Festival, masyarakat disuguhkan sejumlah kegiatan, mulai bazar, dance, live music, hingga atraksi barongsai. Maidi menuturkan, melalui kegiatan itu ia ingin menampilkan potensi ekonomi yang ada di Kota Madiun. Apalagi di seputaran kampung Pecinan terdapat industri kue. Acara tersebut kata Maidi, setiap harinya dibuka mulai pukul 16.00 sampai 22.00 WIB.

“Kita biasanya imlek itu kan kota kita sepi. Maka untuk tahun ini Kota Madiun enggak sepi. Di Kampung Pecinan itu yang Jalan Batanghari gang tengah ada industri kue, makanya kita bazarkan semuanya. Sehingga potensi ekonomi yang ada di Kota Madiun itu kita kenalkan baik di Kota Madiun maupun di sekitar Madiun raya,” ungkapnya, Rabu (22/1/2020).

Ia menjelaskan, kegiatan yang baru kali pertama digelar ini sebagai wujud toleransi antar umat beragama. Apalagi, kampung peranakan Tionghoa yang tersebar di sekitaran Jalan Batanghari, Barito, Agus Salim, dan sekitarnya merupakan titik kumpul warga etnis Tionghoa.

Jika tahun ini berhasil, lanjutnya, maka kegiatan serupa akan dijadikan event tahunan di Kota Madiun. Tentunya, kegiatan itu kedepan memiliki dampak yang cukup luas, diantaranya meningkatnya okupansi hotel, perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah.

rri.co.id/Image antaranews.com