Singkawang Bersolek Menyambut Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2020

Festival Cap Go Meh Kota Singkawang yang menghadirkan atraksi ribuan Tatung telah menjadi trademark Pariwisata dan Budaya Go Internasional, seiring dengan pengakuan Wonderfull Off World dari Unesco.

Penganugerahan penghargaan Wonderful Of The World Cap Go Meh Singkawang diserahkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar kepada Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, didampingi Ketua Panitia Cap Go Meh Kota Singkawang 2012, Pui Sudarto, pada waktu itu.

Untuk bisa masuk kategori penilaian Wonderful Of The World Indonesia paling WOW bukan sekadar usulkan saja. Tapi akan diteliti dan dinilai kelayakan acara atau peristiwa tersebut, apakah bisa WOW.

Setelah melalui berbagai rangkaian proses penilaian, Kota Singkawang dinyatakan sangat layak dan terpilih sebagai destinasi wisata yang menarik, karena memiliki keunikan sebagai Kota yang masih mempertahankan tradisi Cap Go Meh yang sangat memukau dan sarat dengan budaya serta sangat menarik untuk disaksikan oleh para wisatawan.

Salah satu upaya agar festival Cap Go Meh di Kota Singkawang terus mendapat pengakuan masyarakat internasional, solusinya Singkawang harus memiliki sarana dan prasarana yang mendukung, yaitu tersedianya lapangan terbang atau Bandar Udara.

Wisatawan terutama dari Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Macau, dan Singapura bisa datang langsung karena memiliki hubungan ikatan emosional cukup dekat dengan warga Tionghoa Singkawang.

Tidak hanya event Cap Go Meh, Singkawang juga memiliki keunikan dan daya tarik lainnya, seperti potensi kekayaan alam dan pegunung, serta wisata bahari, termasuk didalamnya wisata religi dan kulinernya yang khas.

Jika semua potensi yang ada dapat dikemas sedemikian rupa, tentu memiliki daya tarik sendiri. Wisatawan tidak hanya datang berkunjung pada saat event Cap Go Meh, tetapi juga ada keunikan lainnya, yakni kelezatan kuliner Singkawang.

Kuliner khas Singkawang, perlu dibuatkan media promosi, lengkap dengan alamatnya. Begitu turis datang, bisa langsung menikmati berbagai ragam kuliner khas yang ditawarkan. Tinggal mereka mau pilih kuliner mana yang tentunya telah dikemas indah, rapi, bersih, dan menarik.

Semarak Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 di Kota Seribu Kelenteng Singkawang, sudah mulai terasa.

Hal tersebut terlihat dari dipasang nya berbagai ornamen dan aksesoris khas Imlek yang menghiasi di stadion Kridasana, Jalan Pelita. Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat, dan beberapa kawasan pusat perbelanjaan, serta rumah-rumah warga Tionghoa yang dihiasi nuansa Imlek.

Indahnya Kota Singkawang Menjadi Destinasi Unggulan Pariwista dan Budaya di Kalimantan Barat, Indonesia, dan dunia internasional.

analisnews.co.id/Image kompas.com