Pemko Ubah Wajah Bukittinggi, Pengunjung Semakin Membludak

Bukittinggi – Jumlah kunjungan wisata ke Bukittinggi melonjak tajam terutama saat liburan akhir tahun kemarin, dan kondisinya terus terjadi hingga awal tahun 2020 ini.

Melonjaknya kunjungan tersebut tidak terlepas dari sejumlah perubahan wajah Kota Bukittinggi yang telah disulap Pemerintah Kota sejak beberapa tahun terakhir. Perubahan demi perubahan di wajah Kota Wisata itu ternyata berhasil menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengisi liburan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi Erwin Umar mengatakan, sejak masa libur sekolah dimulai hingga kemarin, tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi terus meningkat.

“Hal ini dibuktikan dengan sejumlah objek wisata dan pusat-pusat pusat perbelanjaan di Kota Bukittinggi terus dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Sumbar, termasuk pengunjung yang datang dari Pekanbaru, Jambi dan Medan,” ungkapnya, Minggu (5/1/2020).

Bukti lainnya, imbuh Erwin Umar, arus lalu lintas menuju pusat kota juga mengalami peningkatan, karena banyak kendaraan dari luar daerah yang terus berdatangan ke Bukittinggi. Dari sejumlah objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Jam Gadang Bukittinggi masih menjadi tujuan destinasi wisata favorit bagi pengunjung.

“Ikon yang menjadi kebanggaan Bukittinggi ini, tidak henti-hentinya dipadati pengunjung dari pagi hingga malam hari. Selain Jam Gadang, Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) dan Taman Panorama Lobang Jepang, juga menjadi pilihan bagi pengunjung untuk mengisi libur panjang akhir tahun di kemarin di Kota kelahiran Bung Hatta itu,” terangnya.

Erwin Umar menambahkan, sejak awal Desember 2019 lalu tingkat kunjungan sebenarnya sudah mulai meningkat. Namun, puncaknya sejak dua minggu jelang akhir tahun jumlah pengunjung semakin membludak.

Salah seorang wisatawan dari Sumatra Utara Latifa mengaku, sangat menikmati indahnya Kota Bukittinggi. Udaranya yang sejuk juga selalu menjadi sesuatu yang dinantikan saat berwisata ke Bukittinggi.

“Kalau libur itu memang serunya ke Bukittinggi. Apalagi beberapa tahun terakhir, saya selalu ikuti perkembangan kota melalui medsos. Banyak perkembangan semakin bikin kita penasaran untuk mengunjungi kota ini. Ngga’ bosan lah kalau ke Bukittinggi ini. Selalu ngangenin,” ungkapnya saat ditemui dipelataran Jam Gadang.

Ramainya pengunjung menjadi perhatian khusus bagi Wali Kota Bukitinggi Ramlan Nurmatias. Bahkan tidak segan-segan dirinya bersama Wakil Wali Kota Irwandi dan Sekda Yuen Karnova serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun ke lapangan menyaksikan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung.

Bahkan, Ramlan Nurmatias juga memastikan pelayanan IT uterus berjalan baik dan lancar. Wali kota juga menyaksikan langsung bagaimana petugas tiket masuk ke Benteng Fort de Kock melayani pengunjung.

“Selain itu, kita juga mengecek petugas Satpol PP yang bertugas dipelataran Jam Gadang untuk menjaga kenyamanan pengunjung. Bahkan untuk memberikan kenyamanan dan keindahan, wali kota mengajak ratusan ASN dan pedagang serta kusir bendi membersihkan pelataran Jam Gadang dalam Jumat Bersih pada Jumat 3 Januari 2019 lalu,” sebutnya.

Ramlan Nurmatias mengapresiasi pilihan para wisatawan untuk datang ke kota Bukittinggi. Karena memang apa yang telah dikerjakan pemerintah, tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bukittinggi.

“Apapun memang diupayakan semenarik mungkin, sebagai pendukung sapta pesona bagi kota Bukittinggi ini. Efek dominonya, tentu banyak pengunjung, banyak pula yang berbelanja. Hunian hotel meningkat. Kuliner kita diserbu pengunjung, tentu ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga, sehingga geliat perekonomian warga meningkat,” ungkapnya.

Untuk itu sambung Ramlan Nurmatias, mari kita berikan pelayanan yang terbaik, sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan bagi tamu yang datang untuk berlibur ke kota yang kita cintai ini.

rri.co.id