Malam Festival Budaya Indonesia-Mesir di Damanhour

Kairo – Indonesia kembali menggencarkan promosi budaya, pariwisata dan perdagangan di Mesir, dengan menyelenggarakan Malam Festival Budaya Indonesia – Mesir di Culture Palace Damanhour, Provinsi Beheira, Mesir. Selasa (17/12/2019), disebutkan perhelatan yang merupakan kolaborasi Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar RI (KBRI) Kairo dilaksanakan pada Senin (16/12/2019).

Pameran bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan dan tempat-tempat wisata Indonesia serta berbagai produk ekspor Indonesia yang berpotensi dipasarkan di Mesir. Dalam kesempatan itu turut hadir Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, serta Delegasi Direktorat Pengembangan Produk Ekspor, Ditjen PEN, Kemendag RI ke Mesir.

Helmy Fauzy mengatakan, Festival Budaya Indonesia-Mesir merupakan upaya menjalin hubungan yang lebih akrab, antara masyarakat Mesir yang berdomisili di Provinsi El Beheira dan sekitarnya dengan Indonesa. “Melalui festival itu juga diharapkan dengan pendekatan budaya ini lebih mudah meningkatkan kerjasama antar kedua negara terutama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan pariwisata,” ujar Helmy Fauzy.

Pameran promosi kebudayaan dan pariwisata Indonesia juga mendapatkan apresiasi Gubernur El Beheira, Mayjen Hisham Abdel Ghani Abdel Aziz Amna. Hisham menyatakan menyambut kerjasama perdagangan dan perindustrian antara Mesir dan Indonesia. “Kami mengharapkan adanya Forum Bisnis di El Beheira, untuk mempertemukan antara pelaku usaha Indonesia dan Mesir dan menjajaki peluang investasi dan ekspor impor baik di bidang pertanian, tekstil dan produk kerajinan tangan,”ungkap Hisham.

Pada pertemuan bersama Duta Besar Helmy Yahya, Hisham turut mengharapkan, adanya share experiences dari Indonesia yang sangat maju dalam pemasaran produk kreatif sebagaimana terlihat pada pameran kerajinan di Wadi Natrun, El Beheira.

Sementara, festival yang digelar sehari tersebut menyajikan sejumlah tarian tradisional Indonesia seperti Zapin Melayu serta permainan Angklung. Festival yang mendapatkan antusiasme dari warga setempat itu juga memperkenalkan berbagai jenis kopi nusantara dan kerajinan tangan.

rri.co.id