Ambon Laksanakan Pra Rekernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2019

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Pariwisata kota melaksanakan Pra Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada Jumat (29/11/2019).

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru menjelaskan, Pra Rakernas kali ini mengusung tema “Budaya Musik Mengisi Ruang Kota Pusaka”.

Dengan adanya Pra Rakernas Latuheru berharap, kegiatan Pra Rakernas VIII tahun 2019, akan melahirkan keputusan-keputusan dan rekomendasi yang konstruktif yang akan ditindaklanjuti pada Rakernas VIll JKPI 2020 di Kabupaten Siak Indrapura.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Latuheru kepada seluruh kepala dearah kabupaten/kota anggota JKPI yang telah mempercayakan dan memberikan kesempatan kepada pemerintah kota Ambon untuk menyelenggarakan pra rapat kerja nasional ke-8 Jaringan Kota Pusaka Indonesia tahun 2019.

Pra Rakernas JKPI diharapkan dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk terus memajukan kebudayaan terutama aset pusaka di Ambon.

Dikatakan Latuheru saat ini terdapat kurang lebih 70 kabupaten kota di Indonesia yang tergabung dalam wadah JKPI, yang bertujuan untuk mengembangkan kerjasama diantaranya kota kabupaten yang mempunyai pusaka alam dan pusaka budaya.

Selain itu juga mengembangkan kerjasama untuk melestarikan pusaka, mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangannya yang positif serta memelihara dan menjunjung tinggi nilai sejarah dalam pemanfaatan pusaka untuk kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan para Rakernas ke-8 tahun 2019 ini merupakan salah satu tindak lanjut hasil rekomendasi Rakernas ke-7 JKPI pada Juni 2019 di kota Ambapura kabupaten Karem Asem provinsi Bali.

Dikatakan Latuheru, Pra Rakernas kali ini mengusung tema “Budaya Musik Mengisi Ruang Kota Pusaka” sebagai bentuk apresiasi ditetapkannya kota Ambon sebagai kota musik dunia oleh UNESCO.

Sementara itu Presidium JKPI, H. Alfredi, mengatakan, nantinya pada tahun 2020, masing-masing daerah yang menjadi anggota anggota berkewajiban untuk melakukan perlindungan, pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan kebudayaan sesuai dengan UU No.5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

JKPI bertujuan untuk mengembangkan kerja sama antar kota-kota pusaka kemudian mengembangkannya, serta mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka, menginventarisasi kekayaan warisan pusaka, memperkuat identitas NKRI, serta menjadi wadah promosi Kota Pusaka Anggota JKPI yang tersebar di seluruh Indonesia.

radiodms.com