Sajian Pekande-Kandea Mengelilingi Benteng di Baubau Raih Rekor Muri

Baubau – Wali Kota Baubau merima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas sajian pertama Pakande-Kandea Pertama Mengelilingi Benteng.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan managemen Muri di salah satu restoran di Kota Baubau pada Rabu (20/11/2019) malam.

Acara Pakande-kandea (Makan bersama) sendiri terlaksana di sepanjang Benteng Keraton Buton pada Rabu Siang, dengan sajian 1.900 talang berisikan makanan tradisional Buton dalam rangka menjamu para Raja dan Kesultanan Se Nusantara dan Asean pada Festival Keraton Mayarakat Adat (FKMA) Asean ke VI.

Acara Pakande-kandea juga sebagai syukuran atas dinobatkannya Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Jokowi Dodo 8 November lalu.

Atas capaian tersebut, Wali Kota Baubau As Tamrin mengucapkan rasa syukurnya kepada sang kuasa karena sajian talang di atas benteng terluas di Dunia itu berhasil meraih rekor muri.

“Pertama Bersukur kepada tuhan karena kita bisa mendapatkan Rekor Muri, kedua Berterimakasih kepada Manager Muri yang berkenan menilai acara kita yang rupanya pantas mendapatkan penghargaan sebagai sajian Pakande-Kandea Pertama Mengelilingi Benteng kita yang terluas di dunia yang dihadiri para raja-raja dan sultan senusantara bahkan asean”,Ungkapnya.

Kata As Tamrin, perolehan rekor tersebut bukanlah target dan settingan pemerintah, namun karena pihak Muri menilai Pekande-kandea sepanjang benteng itu memang pantas mendapat pengakuan melalui Penghargaan Muri, karena selama ini belum pernah ada di daerah lain.

“Ini motivasi kepada saya, pemerintah dan masyarakat bahwa kita mendapatkan apresiasi dari sebuah lembaga yang berkompeten untuk memberikan penghargaan itu,”Tutupnya.

rri.co.id