Pemko Bukittinggi Kembali Gelar Festival Multi Etnis

Bukittinggi – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, pada 7 hingga 9 Desember 2019 mendatang, kembali bakal menggelar festival multi etnis dalam rangka Hari Jadi Kota Bukittinggi yang ke-235 tahun. Iven Internasional yang digadang-gadangkan setara dengan Tour de Singkarak itu, akan digelar di Pedestrian taman Jam Gadang.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Hendri Yeni, menyebutkan, festival multi etnis, merupakan kegiatan kepariwisataan melalui penampilan seni budaya beberapa etnis yang ada di dunia dan juga di Indonesia. Festival multi etnis pada tahun tahun 2019, merupakan kegiatan kelima yang digelar sejak tahun 2015 lalu.

“Alhamdulillah karena rutin dilaksanakan selama empat tahun terakhir dan tahun ini merupakan tahun kelima, festival multi etnis masuk dalam kalender pariwisata Sumatera Barat dan juga kalender event Kementrian Pariwisata,” terangnya, Rabu (13/11/2019).

Menurut Hendri Yeni, pada kegiatan tahun ini ada perbedaan dengan tahun lalu. Dimana, ada penampilan dari etnis langsung dari luar negeri.

“Kalau tahun sebelumnya ada etnis dari luar negeri yang pemainnya ada di Indonesia, kali ini akan kita hadirkan langsung dari luar negeri para penggiat seni yang akan membawakan tarian khas mereka dari negeri mereka,” ujarnya.

Sejumlah etnis yang akan ditampilkan dari dalam negeri, Melayu-Riau, Batak, Tapanuli Selatan, Minang dan Jawa. Sedangkan dari luar negeri, akan dihadirkan dan ditampilkan etnis India, Vietnam, Korea Selatan dan Afrika Selatan.

“Kita akan undang langsung Duta Besar dari negara yang akan tampil dan kita upayakan juga, kegiatan ini nantinya akan dihadiri langsung oleh Menteri Parekraf, Wisnu Utama,” sebutnya.

Selain pagelaran seni sambung Hendri Yeni, festival multi etnis akan didukung dengan pentas live musik dan juga disiapkan beberapa tenda yang bisa dimanfaatkan oleh penggiat kuliner dan usaha ekonomi kreatif lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Humas Setdako Bukittinggi, Yulman, juga ikut mengimbau kepada seluruh warga Bukittinggi sekitarnya, untuk ikut memeriahkan festival multi etnis ada tanggal 7 hingga 9 Desember mendatang. Event ini, merupakan pertunjukan budaya yang tujuannya edukasi kepada masyarakat terhadap keberagaman budaya yang ada di dunia, Indonesia, khususnya Bukittinggi.

“Dengan Festival Multi Etnis tentunya diharapkan dapat menjadi iven yang dapat dinikmati oleh masyarakat, dalam rangka Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 235. Sehingga dengan iven ini secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan tentu saja akan berdampak positif juga pada kesejahteraan masyarakat. Warga Bukittinggi juga diharapkan jadi tuan rumah yang baik dalam rangka mewujudkan sapta pesona,” pungkasnya.

rri.co.id