Pasar Apung Martapura, Bunga Mekar Eksotisme Wisata Banjar

Pasar Apung Martapura, Bunga Mekar Eksotisme Wisata Banjar

Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan membuat sebuah terobosan baru melalui kerjasama dengan Pedagang Pasar Apung Sungai Martapura, Banjarmasin, yang sehari-harinya berjualan dengan menggunakan jukung atau sebutan perahu kayu dalam bahasa Banjar.

Para pedagang pasar terapung akhirnya melakukan atraksi jukung membentuk bunga mekar di sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (12/8/2019).

Atraksi yang dibuat tersebut menjadi ajang promosi pariwisata Kalsel, sekaligus tontonan menarik warga ketika berada di sekitar Sungai Martapura.

Pasar Apung Banjarmasin

Mengutip dari berbagai sumber, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki eksotisme berupa 3 (tiga) Pasar terapung (Pasar Apung), yakni Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lokba Intan dan yang terkini adalah Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.

Pasar Terapung Kuin terletak di atas muara sungai Barito, Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin. Sementara Pasar Terapung Lokba Intan berada di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel. Sedangkan yang terbaru, yakni Pasar Terapung Siring berada di Sungai Martapura, yang beroperasi sejak 2013.

Dalam rangka melestarikan Pasar Terapung, Pemerintah Kota Banjarmasin telah melaksanakan program Giat Pasar Terapung, yaitu dengan melaksanakan kegiatan Pasar Terapung di Siring Sungai Martapura, Jalan Pierre Tandean setiap Minggu pagi dari pukul 07.00 – 10.00 WITA.
Dengan pelaksanaan Pasar Terapung di Siring Tandean yang terletak di pusat kota, diharapkan dapat lebih mendekatkan pasar terapung dengan masyarakat.

Pasar terapung Siring Sungai Martapura lokasi nya di tengah kota Banjarmasin, berdekatan dengan wisata Menara Pandang Banjarmasin, dan wisata Tugu Bekantan Banjarmasin. Di Pasar Terapung ini, para pedagang merapat di area pinggiran siring, dan pembeli di atas titian yang mengapung dengan alas bambu.

Pasar terapung siring sungai martapura ini paling ramai dikunjungi dibandingkan Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Lokba Intan. Mungkin karena kemudahan akses serta waktu operasional pasar yang cukup panjang, sehingga menjadikan Pasar Terapung Siring Sungai Martapura menjadi favorit masyarakat Banjarmasin untuk mengisi waktu liburan atau memang hendak berbelanja.

Selain kegiatan jual-beli, banyak pula pengunjung yang sengaja datang hanya untuk foto-foto dengan teman, saudara, atau pasangannya masing-masing dengan latar belakang para pedagang pasar terapung.

rri.co.id