Walikota Baubau Apresiasi Kedatangan 40 Wisatawan Mancanegara

Walikota Baubau Apresiasi Kedatangan 40 Wisatawan Mancanegara

BAUBAU – Wonderful Sail to Indonesia atau reli wisata layar yang akan berlangsung selama empat bulan, sejak Juli hingga November 2019 di perairan Indonesia. Kota Baubau menjadi salah satu tujuan destinasi dari 20 destinasi tempat yang akan dilalui oleh 40 Wisatawan mancanegara tersebut.

Berdasarkan Rilis dari Dinas Pariwisata Kota Baubau Kapal-kapal yacht berlabuh di Baubau selama lima hari sejak tanggal 25 sampai 29 Agustus 2019. Kapal yacht dari berbagai negara yang membawa 40 wisatawan mancanegara memasuki wilayah perairan Baubau sejak Minggu (25/08), dan berlabuh di Floating Deck Dinas Pariwisata Kota Baubau yang ditempatkan di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna.

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH menyambut baik kegiatan Wonderful Sail to Indonesia. Ia merasa gembira menyambut kehadiran peserta yang berasal dari 14 negara, seperti Inggris, Australia, Amerika, Swiss, Prancis, Italia dan Selandia Baru.

Pihak Pemerintah Kota Baubau telah menyiapkan beberapa agenda yang bukan hanya bersifat promosi daerah, tetapi juga pengembangan daya tarik wisata, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

” Kunjungan ini tak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, tetapi juga bisa membranding destinasi wisata Baubau ke mata internasional,” ungkap AS Tamrin.

Dikatakan, Kota Baubau merupakan daerah strategis bagi para yachter internasional, sehingga dengan dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh komponen masyarakat, tentu akan membuat para wisatawan mancanegara tersebut nyaman dan aman, selanjutnya akan memilih Kota Baubau sebagai lokasi singgah kedepannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Drs Ali Arham MMP mengatakan dengan kedatangan para yachter dunia itu ke Kota Baubau akan menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata Baubau. Pasalnya para yachter itu tergabung dalam satu komunitas yang terdiri dari banyak anggota di seluruh dunia yang berangkat dari Darwin Australia.

” Harapannya para Yachter memviralkan kegiatannya dan mengetahui bahwa Baubau punya destinasi yang menarik,” terang Ali Arham.

Selain mempromosikan wisata Kota baubau, kedatangan para Yachter itu juga berdampak pada ekonomi masyarakat, , dimana para wisatawan akan berbelanja di Kota Baubau, baik untuk kebutuhan selama mereka berlayar, dan sejumlah souvenir khas dari Kota Baubau.

” Acara resmi dari Pemerintah diagendakan hanya berlangsung hingga pukul 14.00 WITA, selanjutnya wisatawan akan dibebaskan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat hingga malam hari dan memanfaatkan waktu turun ke darat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari logistik hingga kebutuhan kapal,” terangnya.

Untuk diketahui, selama empat hari, peserta diajak menelusuri berbagai destinasi di Kota Baubau dalam tur yang disiapkan Pemerintah Kota Baubau. Sekitar pukul 08.00 WIB, para wisatawan peserta Wonderful Sail to Indonesia berkumpul di Floating Deck Kadolomoko dan akan diajak untuk menikmati berbagai sajian mulai dari kuliner, keindahan arsitektur Buton, sejarah Kesultanan Buton,keindahan kawasan agrowisata di Ngkaring-karing dan Palabusa. Tidak ketinggalan, menikmati permainan rakyat di Pantai Nirwana.

baubaupost.com/Image indonesia.travel