Surabaya Akan Gelar Festival Pesona Lokal 2019

Surabaya Akan Gelar Festival Pesona Lokal 2019

Surabaya – Untuk pertama kalinya, Kota Surabaya akan menggelar even Festival Pesona Lokal 2019. Even ini untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal Kota Surabaya maupun Jawa Timur. 

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jatim, Handoyo menjelaskan, Festival Pesona Lokal ini, diharapkan akan lahir produk-produk baru, yang kemudian produk baru tersebut melahirkan kreator baru.

“Siapa yang menciptakan, ada kreator baru, itu harapan kami,” ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Harapan lainnya, tambah Handoyo, adalah muncul azas manfaat, dimana potensi budaya dan wisata tersebut, bisa dimanfaatkan atau bisa dijual menjadi daya tarik wisata, untuk menarik pengunjung atau wisatawan datang ke Jawa Timur.

“Khususnya Surabaya,” singkatnya. 

Diharapkannya, melakui Festival Pesona Lokal ini, akan muncul objek wisata baru yang berbasis seni budaya. Pada even ini juga dilombakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya. 

“Itu-kan nanti bisa nempel di suatu destinasi ya, bisa di desa wisata ada seni budaya itu. Cuma kali ini ditarik, di pentaskan di Parkir Timur Delta tapi originalitasnya itu dia-kan berasal dari daerah, dari kampung,” imbuhnya. 

Festival Pesona Lokal ini merupakan program CSR dari Adira Finance yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia). Program ini telah berlangsung sejak tiga tahun lalu, namun tahun 2019 ini, untuk pertama kalinya digelar di Kota Surabaya. 

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berbagai aktivitas diadakan, untuk memeriahkan Festival Pesona Lokal Surabaya,” kata Sugeng Hariadi, Kepala Wilayah Area Jawa Timur Adira Finance. 

Festival Pesona Lokal di Surabaya, akan diselenggarakan di lapangan Parkir Delta Plaza, pada tanggal 14 September 2019. Dengan tema “Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, kegiatan ini juga digelar di 6 kota lainnya selain Surabaya. 

“Di Medan, Bali, Bandung, Makassar,  Yogjakarta dan Jakarta. Mukai dari bulan Agustus hingga November 2019,” imbuhnya.

rri.co.id/Image yukpigi.com